DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implikatur Percakapan dalam Wacana Iklan Bisnis E-commerce

FATKUR ROZI

Abstrak


Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud verbal implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (2) mendeskripsikan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (3)ABSTRAK

 

Prastio, Bambang. 2019. Implikatur Percakapan dalam Wacana Iklan Bsnis E-commerce. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ibrahim, (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: implikatur percakapan, iklan, e-commerce.

 

Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud verbal implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (2) mendeskripsikan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (3) mendeskripsikan strategi penyampaian wujud verbal dan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian berupa tuturan yang mengandung implikatur percakapan yang diunduh melalui youtube. Kemudian, data ditranskrip dalam bentuk tulisan beserta konteksnya, dilihat dari wujud verbal, fungsi wujud verbal, dan strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal. Peneliti dipandu pedoman instrumen pengambilan data dan pedoman instrumen analisis data untuk menjaga keabsahan data. Sumber data data dalam penelitian diproleh dari tuturan yang terdapat dalam wacana iklan bisnis e-commerce.

Hasil penelitian ini menemukan empat puluh lima data yang terdiri dari tiga subfokus yang unity. Pertama, wujud verbal dalam wacana iklan bisnis memiliki tiga wujud dengan pola tertentu (1) wujud verbal deklaratif ditemukan dua puluh enam data yang terdiri dari pola pertentangan, penjelasan, dan sebab, (2) wujud verbal interogatif ditemukan ada enam belas data yang terdiri dari pola pemberian dua alternatif jawaban, menggunakan konjungsi tetapi, menanyakan keberadaan, dan alasan, dan (3) wujud verbal imperatif ditemukan tiga data yang masing-masing terdiri dari pola keterangan sebab, tuturan berkarakter, dan aktivitas. Kedua, fungsi wujud verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelittian ini yang memiliki pola (1) fungsi wujud verbal deklaratif yang terdiri dari dua puluh enam data dan berpola mengajak, menyuruh, meminta, menolak, melarang, dan menginformasikan fakta, (2) fungsi wujud verbal interogatif yang terdiri dari enam belas data dan berpola menyuruh, meminta, melarang, menolak, dan menyarankan, dan (3) fungsi wujud verbal imperatif yang terdiri dari tiga data dan berpola menyuruh dan menolak. Ketiga, strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelitian ini yang terdiri dari  (1) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif ada dua puluh enam data yang terdiri dari pola mengubah raut wajah, menyampaikan kondisi, menyampaikan keunggulan, menyampaikan alasan, membuat janji, dan mengeluh, (2) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal interogatif ada enam belas data yang terdiri dari pola meminta konfirmasi, bertanya berulang-ulang, mengajak berpikir,dan menanyakan barang, (3) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal imperatif ada tiga data yang terdiri dari pola menyampaikan resiko, menyampaikan masukan, dan menyampaikan janji. Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce bersifat persuasif atau mempengaruhi lawan bicara agar tertarik untuk menggunakan jasa mereka. mendeskripsikan strategi penyampaian wujud verbal dan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce.

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian berupa tuturan yang mengandung implikatur percakapan yang diunduh melalui youtube. Kemudian, data ditranskrip dalam bentuk tulisan beserta konteksnya, dilihat dari wujud verbal, fungsi wujud verbal, dan strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal. Peneliti dipandu pedoman instrumen pengambilan data dan pedoman instrumen analisis data untuk menjaga keabsahan data. Sumber data data dalam penelitian diproleh dari tuturan yang terdapat dalam wacana iklan bisnis e-commerce.

          Hasil penelitian ini menemukan empat puluh lima data yang terdiri dari tiga subfokus yang unity. Pertama, wujud verbal dalam wacana iklan bisnis memiliki tiga wujud dengan pola tertentu (1) wujud verbal deklaratif ditemukan dua puluh enam data yang terdiri dari pola pertentangan, penjelasan, dan sebab, (2) wujud verbal interogatif ditemukan ada enam belas data yang terdiri dari pola pemberian dua alternatif jawaban, menggunakan konjungsi tetapi, menanyakan keberadaan, dan alasan, dan (3) wujud verbal imperatif ditemukan tiga data yang masing-masing terdiri dari pola keterangan sebab, tuturan berkarakter, dan aktivitas. Kedua, fungsi wujud verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelittian ini yang memiliki pola (1) fungsi wujud verbal deklaratif yang terdiri dari dua puluh enam data dan berpola mengajak, menyuruh, meminta, menolak, melarang, dan menginformasikan fakta, (2) fungsi wujud verbal interogatif yang terdiri dari enam belas data dan berpola menyuruh, meminta, melarang, menolak, dan menyarankan, dan (3) fungsi wujud verbal imperatif yang terdiri dari tiga data dan berpola menyuruh dan menolak. Ketiga, strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelitian ini yang terdiri dari  (1) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif ada dua puluh enam data yang terdiri dari pola mengubah raut wajah, menyampaikan kondisi, menyampaikan keunggulan, menyampaikan alasan, membuat janji, dan mengeluh, (2) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal interogatif ada enam belas data yang terdiri dari pola meminta konfirmasi, bertanya berulang-ulang, mengajak berpikir,dan menanyakan barang, (3) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal imperatif ada tiga data yang terdiri dari pola menyampaikan resiko, menyampaikan masukan, dan menyampaikan janji. Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce bersifat persuasif atau mempengaruhi lawan bicara agar tertarik untuk menggunakan jasa mereka.