DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMAN 2 Trenggalek Ditinjau dari Skor IQ Siswa dalam Menjawab Soal Matematika.

Nova Sri Istian

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswaKelas XISMAN 2 Trenggalek ditinjau dari skor IQ siswa. Dalam penelitian ini materi yang digunakan adalah Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 SMAN 2 Trenggalek yang mana ke 6 siswa tersebut merupakan 2 siswa dengan IQ tinggi, 2 siswa dengan IQ sedang dan 2  siswa dengan IQ rendah.

Matematika sebuah pelajaran yang selalu diberikan mulai jenjang sekolah dasar sampai sekolah atas. Pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat rinci sehingga sebagai dasar untuk mengaitkan pelajaran yang berbeda. Dalam konteks ini matematika adalah bahasa yang sangat praktis untuk menerjemahkan bahkan untuk mengkomnikasikan ide yang ada dalam pikiran siswa . Sehubungan dengan hal tersebut, kemampuan siswa sangatlah berbeda-beda. Tergantung dari aspek yang ada, Salah satunya bisa kita lihat dari skor IQ.Karena setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengomunikasikan ide-ide penyelesaian soal, strategi maupun solusi matematika baik secara tertulis maupun lisan. Perbedaan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya dari kecerdasan intelektual atau yang dikenal dengan IQ. Kecerdasan ini tentunya berpengaruh terhadap bagaimana siswa tersebut berpikir, mengolah informasi dan mendefinisikan setiap persoalanmatematika.Penelitian mengenai prestasi belajar siswa yang ditinjau dari kemampuan IQ menerangkan bahwa tingkatan IQ memiliki cara belajar yang sama. menurut Suparlan 2013.Kemampuan komunikasi matematis pada siswa Kelas XI SMAN 2 Trenggalek yang mempunyai tingkatan IQ tinggi, sedang, dan rendah dalam menjawab soal matematika akan dihasil dalam penelitian ini.

 

Data yang dikumpulkan menggunakan dokumen, arsip dan tes tulis. Teknik hasil yang digunakan untuk ini adalah reduksi, penyajian dan kesimpulan. Pada hasil disampaikan bahwa: (1) siswa berIQ tinggi, telah menciptakan jawaban yang sesuai dengan menggambarkan diagram, bisa menuliskan ide dalam diagram dengan kata-kata sendiri dalam bentuk jawaban yang rinci, dan mampu mengekspresikan ide dan pendapat dengan alasan yang baik. (2)siswa ber IQ sedang, siswa mampu menciptakan jawaban yang tepat untuk menggambarkan diagram hampir sama dengan siswa yang ber IQ tinggi), siswa juga mampu menerjemahkan ide-ide yang ada dalam diagram, tetapi jawaban yang singkat disertai alasan yang sederhana yang ditulis oleh peserta. (3) siswa dengan IQ rendah, siswa mampu menciptakan jawaban untuk menggambarkan diagram meskipun apa yang ditulis terdapat beberapa yang kurang tepat dan tidak rinci.