DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kegiatan Ekonomi dan Kesejahteraan Keluarga Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Suka Maju di Desa Batnes Kecamatan Musi Kabupaten Timor Tengah Utara (Kajian Berbasis Pendidikan Ekonomi)

BAYTANU, JEFRIANTUS

Abstrak


RINGKASAN

Baytanu, Jefriantus. 2019. Analisis Kegiatan Ekonomi dan Kesejahteraan Keluarga Kelompok Pengrajin Tenun Ikat di Desa Batnes Kecamatan Musi Kabupaten Timor Tengah Utara (Kajian Berbasis Pendidikan Ekonomi). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Pd

Kata kunci: Kegiatan Ekonomi, Kesejahteraan Keluarga, Pengrajin Tenun Ikat, Pendidikan Ekonomi.

Permasalahan kehidupan ekonomi yang ditinjau dari kegiatan ekonomi dalam hal ini produksi, distribusi dan konsumsi merupakan tiga hal pokok yang tidak dapat dipisahkan dan berkaitan satu sama lain. Ketiga aspek tersebut dimaksudkan untuk menunjang atau meningatkan kesejahterana ekonomi keluarga. Pendidikan memegang kendali dan mempunyai peranan yang besar terhadap proses kehidupan setiap orang. Dengan adanya pendidikan ekonomi diharapkan dapat mengubah sikap dan perilaku seseorang untuk mampu memenuhi atau menciptakan alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis (1) proses produksi, pemasaran dan konsumsi keluarga pengrajin tenun ikat, (2) proses pendidikan ekonomi yang terjadi dalam keluarga pengrajin tenun ikat dan (3) tingkat pendapatan serta kesejahteraan pengrajin tenun ikat di Desa Batnes Kecamatan Musi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi dimaksudkan untuk mengetahui fakta-fakta yang terjadi dan bersifat naturalistik dengan maksud bahwa pelaksanaan ini memang terjadi apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya serta menekankan pada deskripsi alami. Kajian fenomenologi dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis proses kehidupan ekonomi keluarga pengrajin tenun ikat Kelompok Suka Maju di Desa Batnes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian menujukan bahwa (1) menenun bukan hanya sebagai bentuk pelestarian budaya tetapi dapat bernilai ekonomis, (2) dalam proses produksi kain tenun ikat, para pengrajin kurang jeli memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanam kapas sebagai bentuk pemangkasan biaya produksi; para pengrajin selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas, (3) pemasaran dilakukan secara online dan offline dan masih terkendala dalam penjualan produk, (4) tidak ada pencatatan keuangan (pemasukan dan pengeluaran) yang terstruktur, (5) adanya harapan dalam diri pengrajin kepada generasi selanjutnya untuk dapat dan terus mengembangkan tenun sebagai bentuk pelestarian budaya dan sumber pendapatan keluarga, (6) tidak adanya penyususan perencanaan dan penganggaran keuangan keluarga, (7) menanamkan nilai-nilai pendidikan ekonomi yang baik kepada anak sejak dini, (8) makna kesejahteraan ekonomi diukur dengan makan minum yang cukup, tempat tinggal yang layak dan pendidikan anak-anak. Disarankan agr dinas terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan dapat melakukan pendampingan, pelatihan dan juga evaluasi untuk bersama mencari jalan keluar atas setiap persoalan yang dihadapi oleh para pengrajin tenun ikat.