DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Web Arabic Interactive Berbasis E-Learning Terhadap Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Membaca Mahasiswa Baru JSA UM 2017

abdul AZIZ KHOIRI

Abstrak


Pengaruh Penggunaan Web Arabic Interactive Berbasis E-Learning Terhadap Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Membaca Mahasiswa Baru JSA UM 2017

Kata kunci: E-learning, keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca.

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk

(1) mendeskripsikan penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran menyimak dan membaca bagi siswa baru UM,

(2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam keterampilan belajar untuk mendengarkan siswa baru UM, dan

(3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan E-learning Interaktif Bahasa Arab dalam mempelajari keterampilan membaca siswa baru UM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) persentase aplikasi Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran menyimak dan membaca pada siswa baru UM pada kelompok eksperimen mencapai 55% sedangkan persentase aplikasi E-learning berbasis Arabic Interactive dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca untuk siswa, kelompok eksperimen JSA UM 2017 yang baru mencapai 61%,

(2) penerapan E-learning Arabic Interactive tidak berpengaruh pada pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa baru UM dengan nilai signifikansi 0,670, sementara

 

(3).  penerapan E-learning Interaktif Bahasa Arab tidak berpengaruh pada keterampilan membaca untuk siswa baru UM dengan nilai signifikansi 0,026.