DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Web Arabic Interactive Berbasis E-Learning Terhadap Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Membaca Mahasiswa Baru JSA UM 2017

KHOIRI, ABDUL AZIZ

Abstrak


Khoiri, Abdul Aziz. 2018. Pengaruh Penggunaan Web Arabic Interactive Berbasis E-Learning Terhadap Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Membaca Mahasiswa Baru JSA UM 2017. Tesis. Program Studi Magister Keguruan Bahasa Arab Pascasarjana, Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing; (1) Prof. Dr. Imam Asrori M. Pd, (2) Dr. Hanik Mahliatussikah, M. Hum.

Kata Kunci; Arabic Interactive, E-Learning, keterampilan menyimak, dan membaca.

Arabic Intractive adalah website pembelajaran bahasa Arab  modern berbasis E-learning yang menggunakan bahasa Arab berstandar Internasional. Website ini dapat diakses melalui mobile application pada handphone atau melalui internet secara langsung. Website ini melayani pembelajaran kosakata, latihan menyimak, berbicara, membaca,  menulis, struktur kalimat, dan latihan-latihan keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1), mendeskripsikan penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca mahasiswa baru JSA UM 2017, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran keterampilan menyimak mahasiswa baru JSA UM , dan (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran keterampilan membaca mahasiswa baru JSA UM 2017.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian ekperiment semu. Pengumpulan data dilakukan melalui ujian pre test,  ujian post test, dan penyebaran angket. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi memasukan nilai ujian pre test dan post tes pada program SPSS untuk mengetahui nilai T test dan uji prosentase dari angket yang terkumpul dari kelompok ekperiment dan kelompok kontrol.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) prosentase penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca  pada mahasiswa baru JSA UM 2017 kelompok ekperiment mencapai 55% sedangkan prosentase penerapan penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca  pada mahasiswa baru JSA UM 2017 kelompok ekperiment mencapai 61%, (2) penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning tidak berpengaruh pada pembelajaran keterampilan menyimak pada mahasiswa baru JSA UM 2017 dengan nilai signifikansi 0.670, sedangkan (3) penerapan Arabic Interactive berbasis E-learning tidak berpengaruh pada pembelajaran keterampilan membaca pada mahasiswa baru JSA UM 2017 dengan nilai signifikansi 0.026.