DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Inkuiri sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Parepare. (Tesis)

Sriyanti Mustafa

Abstrak


Pembelajaran dengan strategi inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Proses belajar ini dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri pada siswa, mengembangkan keterampilan intelektual, berpikir kritis dan memecahkan masalah. Strategi inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis, dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Dalam pembelajaran matematika, strategi inkuiri memiliki 3 (tiga) karakteristik, yaitu (1) partisipasi,(2) investigasi, dan (3) konstruksi pengetahuan.

Partisipasi menekankan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa tidak sekadar pasif menerima, tetapi ikut berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas. Investigasi merupakan proses penyelidikan yang dilakukan siswa terhadap masalah matematika, mengumpulkan data (materi pendukung), dan mendiskusikan hasil yang diperoleh. Investigasi dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Konstruksi pengetahuan merupakan kegiatan membuat konjektur, menganalisis masalah matematika, dan melakukan diskusi ide. Ketiga karakteristik inilah yang secara operasional dirumuskan dalam langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus (Planning, Acting, Observing, Reflecting), dimana hasil belajar matematika siswa dikatakan meningkat apabila persentase aktivitas belajar siswa mengalami kemajuan dari satu Siklus ke Siklus selanjutnya, dan tes hasil belajar siswa sekurang-kurangnya 85% dari keseluruhan siswa mendapatkan skor ≥ 65.

Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran berupa aktivitas dan tes hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 4 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Untuk menggali informasi siswa tentang strategi inkuri yang diterapkan dalam pembelajaran matematika, maka dipilih 3 (tiga) orang siswa yang akan diwawancarai. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS), sedangkan instrumen penunjang berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar tes dan lembar wawancara. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.

Dari hasil penelitian, pada Siklus I persentase aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup yaitu 78,18%, dan persentase hasil tes belajar matematika siswa sebesar 45,71%, sedangkan pada Siklus II, hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu persentase aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu 87,27%, dan persentase tes hasil belajar sebesar 94,27%. Jadi, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 9,09%, dan peningkatan tes hasil belajar sebesar 48,58%. Dengan demikian, diperoleh langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 4 Parepare, yaitu: (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) mengumpulkan data (bahan/materi penunjang) , membaca dan memahami secara akurat, (4) Membuat konjektur, menganalisis dan menyajikan hasilnya, (5) diskusi/komunikasi ide(pengecekan ulang), dan (6) membuat kesimpulan (pelaporan hasil).

Abstract:

The learning process by using inquiry strategy emphasizes the process of searching and finding. This process can form and develop the self conception, intellectual ability, critical thinking, and problem solving. Inquiry strategy is a series of learning activities which emphasizes on the critical thinking process, and analytical thinking in order to search and find the solution of a problem. In the Mathematic process of learning, inquiry strategies have three characteristics: (1) Participation, (2) Investigation, and (3) Knowledge construction.

Participation emphasizes the participation of the students in the learning process. The students were not only passively receiving the lessons but also they can be active in all learning process. Investigation is an inquiry done by students to solve the mathematics problem, collecting the data (the supporting material), and discussing ideas. This third characteristic is operationally formed in the steps of inquiry strategy which can improve the students' achievement in Mathematics.

The statement of the problem in this study was how the inquiry strategy can improve the achievement of the tenth graders of SMAN 4 Parepare. This study was conducting within two cycles (Planning, Acting, Observing, and Reflecting), where the students' achievement can improve from one cycle to another one, and the students achievement at least 85% of the class population got scores equal to or above 65.

The data sources from the learning process were in the form of the activities and the result of the test of the students of class X1 SMAN 4 Parepare in the odd semester in the year of 2009/2010. To get the students' information about the inquiry strategy implemented in the learning process of Mathematics, the researcher chose three students to be interviewed. The research main instruments used in this study were the lesson plans, students' worksheets and the supporting instruments were the students' and the teacher's observation sheet, test sheets and the interview test. The data were collected and analyzed by using the qualitative techniques of analysis.

From the result of the study in cycle I, the percentage of the students' activities was considered enough, 78.81%, and the percentage of the test result was 45.71%. In cycle II, the students' achievement improved that is in the 87.27%, the percentage of the test was in the 94.27%. So, the students' activities improve as big as 45.58%. Therefore, the inquiry strategy that can improve the students' achievement of class X1 SMAN 4 Parepare, those were (1) orientation, (2) formulating problem, (3) collecting data (the supporting material), reading and comprehending accurately (4) making conjecture, analyzing the and supplying the result, (5) discussion/communication of ideas e(reviewing), and making conclusion (the report of the result).