DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan Unit Produksi dan Jasa sebagai Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Batu

Anggreani, Desy,

Abstrak


ABSTRAK

Anggreani, Desy. 2019  Strategi Pengembangan Unit Produksi dan Jasa sebagai Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Batu.  Tesis,  Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1). Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si  (2). Dr. Ludiwishu Wardana, ST., S.Pd., SE., MM.

Kata Kunci : Unit Produksi dan Jasa, Edupreneurship, Analisis SWOT

Sesuai visi misi SMKN 2 Batu untuk menyiapkan lulusannya siap kerja serta mandiri berjiwa wirausaha maka diperlukan upaya untuk memasukkan aspek kewirausahaan dalam bidang pendidikan yaitu edupreneurship. Salah satu bentuk edupreneurship di sekolah kejuruan ialah  Unit Produksi dan Jasa yang salah satu tujuannya sebagai wahana kegiatan praktik pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada dunia kerja dan praktik berwirausaha sesuai arahan Direktorat Pembinaan SMK tahun 2007.  Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan Unit Produksi sebagai edupreneuship  pada SMK Negeri 2 Batu dengan bantuan analisis SWOT diharapkan menghasilkan strategi-strategi untuk mengembangkan UPJ sebagai edupreneurship yaitu suatu usaha atau aktifitas produksi yang kreatif atau inovatif dilakukan oleh sumber daya di sekolah sehingga meningkatkan kompetensi siswa dengan menggunakan teknologi baik pada proses produksi dan pemasarannya sehingga menambah pemasukkan sekolah.

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dengan bantuan analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik  wawancara,  observasi, dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari  Kepala Sekolah SMKN 2 Batu, Kepala Unit Produksi SMKN 2 Batu, Koordinator Usaha Jambu Kristal, Koordinator Pemasaran dan Siswa.

Berdasarkan hasil penelitian analisis faktor internal dari Unit Produksi dan Jasa SMKN 2 Batu diperoleh nilai sebesar 1,18 dan analisis faktor eksternal sebesar 1,15  yang berarti posisi UPJ Jambu Kristal SMKN 2 Batu terletak strategi SO (Strength – Opportunity) yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan UPJ Jambu Kristal sebagai edupreneurship. Berdasarkan analisis diatas strategi yang dipilih ialah Strategi SO yang terdiri: (1) Perbaikan manajemen unit produksi (perbaikkan struktur organisasi UPJ, menyusun pedoman kegiatan unit produksi dan jasa yang mengaju  kurikulum dengan cara penambahan budidaya jambu Kristal sebagai muatan lokal (MULOK)). (2) Melakukan pengembangan produk dan jasa di lahan praktik jambu kristal (penjualan bibit dengan buku panduan cara budidaya jambu kristal, Penjualan Tabulapot (tanaman buah dalam pot), pelatihan-pelatihan pembuatan pupuk organik, pestisida nabati dan pengolahan hasil jambu Kristal. (3) Membuka Unit Bisnis dengan segmen masyarakat umum. (4) Peningkatan keterlibatan siswa dalam budidaya dan pemasaran (layanan penjualan, promosi di media sosial). (5) Meningkatkan kerjasama dengan pihak DU/DI untuk transfer ilmu dan teknologi pertanian berkelanjutan pada budidaya jambu kristal dan pengolahan hasil jambu kristal