DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan bahan ajar pendidikan jasmani adaptif berbasis blended learning untuk mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri malang

Adi, Octa Prasetya

Abstrak


RINGKASAN

 

Adi, Octa Prasetya. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Adaptif

Berbasis Blended Learning untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan

Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Tesis,

Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri

amalang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd (II) Dr. Sapto Adi,

M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, pendidikan jasmani adaptif, blended

learning, mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan.

 

Proses pembelajaran yang menarik pada saat ini banyak menggunakan

teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Memasuki abad XXI pendidik

sebagai sumber belajar utama dirasa tidak memadai lagi, semestinya pendidik harus

terintregasi dengan sumber belajar lain yaitu seperti sumber belajar cetak, audio,

audio visual, dan komputer. Pembelajaran yang tepat serta memanfaatkan teknologi

yaitu pembelajaran berbasis Blended Learning karena pembelajaran tersebut

mengombinasikan antara online, offline, dan tatap muka. Namun dosen pendidikan

jasmani adaptif di PJK FIK UM masih menggunakan cara manual dan tidak

memanfaatkan media teknologi pembelajaran dengan maksimal. Maka dari itu

perlu dikembangkannya bahan ajar pendidikan jasmani adaptif yang berbasis

blended learning untuk menunjang proses pembelajaran.

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar pendidikan

jasmani adaptif yang menggunakan model pembelajaran blended learning untuk

mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model

pengembangan blended learning Dwiyogo (2016:237) dengan menggunakan

subjek penelitian berjumlah 70 mahasiswa PJK FIK UM dan tiga ahli yang meliputi

ahli media, alhi materi dan ahli pembelajaran. Untuk prosedur pengembangan

meliputi 3 tahap: (1) tahap analisis, (2) tahap rancangan pembelajaran, (3) tahap

evaluasi. Dari 3 tahap dijabarkan menjadi 9 langkah: (1) analisis kebutuhan

pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendala, (3) identifikasi

karakteristik pebelajar, (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih dan

menetapkan strategi pembelajaran (mengorganisasi isi, penyampaian, serta

pengelolaan), (6) mengembangkan sumber belajar (tatap muka, offline, online

maupun mobile), (7) uji coba, (8) revisi, (9) prototipe rancangan bahan ajar

pendidikan jasmani adaptif menggunakan blended learning.

Hasil dari penelitian ini yang menghasilkan tiga produk bahan ajar, yaitu:

(1) buku pembelajaran pendidikan jasmani adaptif berbasis blended learning untuk

pembelajaran tatap muka, (2) multimedia interaktif berupa auto play untuk

pembelajaran offline, dan (3) edmodo untuk pembelajaran online. Penerapan bahan

ajar pendidikan jasmani adaptif berbasis blended learning mampu meningkatkan

hasil belajar mahasiswa yang mencakup efektifitas, efisiensi, dan daya tarik dan di

ii

uji cobakan terhadap 70 sampel. Pada komponen efektifitas diperoleh rata-rata

semua pertemuan dengan nilai terendah (A-) sebanyak 4 mahasiswa dan nilai

tertinggi (A) sebanyak 66 mahasiswa. Pada komponen efisiensi untuk membaca

dan mengerjakan pada pertemuan pertama bab 2 dan 3 dengan rata-rata waktu

1.00.40, pertemuan kedua bab 4 dan 5 dengan rata-rata waktu 00.59.45, pertemuan

kedua bab 6 dan 7 dengan rata-rata waktu 00.58.15. Serta dalam komponen daya

tarik pada: (1) pertemuan pertama tatap muka dengan rata-rata 92,4% menjawab

(sangat menarik) dan 6,6% menarik, (2) pertemuan kedua online 94,6% menjawab

(sangat menarik) dan 5,4% menarik, dan (3) pertemuan ketiga offline menjawab

96,4% (sangat menarik) dan 2,6% menarik.

Saran untuk produk pada saat penyebarluasan dengan cakupan yang lebih

luas perlu diadakan evaluasi terhadap produk untuk mendapatkan data kesesuaian

produk pada kondisi lingkungan serta kebutuhan pada instansi yang menjadi

sasaran penyebarluasan produk, penelitian pada penelitian ini sampai pada ranah

kognitif saja diharapkan penelitian selanjutnya yang serupa untuk menilai pada

aspek afektif atau psikomotornya.

iii

SUMMARY

Adi, Octa Prasetya. 2019. Development of Blended Learning Based Adaptive

Physical Education Teaching Materials for Physical Education and Health

Studentd in the Faculty of Science an the State University of Malang. Thesis,

the sports education courses, postgraduate, State University of Malang.

Supervisor: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) Dr. Sapto Adi, M.Kes.

Key words: development, teaching materials, adaptive physical education, blended

learning, a student of physical education and health.

An interesting learning process at this time uses a lot of technology to

support the learning process. Entering the XXI century educators as the main

learning source are no longer sufficient, educators should be integrated with other

learning resources, such as print, audio, audio-visual, and computer learning

resources. Appropriate learning and utilizing technology that is Blended Learning

based learning because the learning combines between online, offline, and face to

face. However, adaptive physical education lecturers at PJK FIK UM still use

manual methods and do not utilize learning technology media maximally.

Therefore, it is necessary to develop adaptive physical education teaching materials

based on blended learning to support the learning process.

The study was conducted with the aim of developing adaptive physical

education teaching materials that use the blended learning learning model for

students of Physical and Health Education at the Faculty of Sport Sciences, State

University of Malang.

The method used in this study uses Dwiyogo's blended learning

development model (2016: 237) by using research subjects totaling 70 PJK FIK

UM students and three experts including media experts, material experts and

learning experts. For the development procedure includes 3 stages: (1) the analysis

phase, (2) the learning design stage, (3) the evaluation stage. From the 3 stages, it

is translated into 9 steps: (1) problem solving needs analysis, (2) identification of

learning resources and constraints, (3) identification of characteristics of students,

(4) setting learning objectives, (5) choosing and determining learning strategies

(organizing content , delivery, and management), (6) developing learning resources

(face to face, offline, online and mobile), (7) trials, (8) revisions, (9) prototypes of

designs for adaptive physical education teaching materials using blended learning.

The results of this study produced three teaching materials products,

namely: (1) adaptive blended learning based physical education learning books for

face-to-face learning, (2) interactive multimedia in the form of auto play for offline

learning, and (3) edmodo for online learning. The application of blended learning

based adaptive physical education teaching materials is able to improve student

learning outcomes which include effectiveness, efficiency, and attractiveness and

are tested on 70 samples. In the effectiveness component obtained by the average

iv

of all meetings with the lowest value (A-) of 4 students and the highest value (A)

of 66 students. In the efficiency component to read and work on the first meeting

of chapters 2 and 3 with an average time of 1.00.40, the second meeting of chapters

4 and 5 with an average time of 00.59.45, the second meeting of chapters 6 and 7

with an average time of 00.58 .15. And in the attractiveness component in: (1) the

first meeting face to face with an average of 92.4% answered (very interesting) and

6.6% interesting, (2) the second meeting online 94.6% answered (very interesting)

and 5.4% was interesting, and (3) the third offline meeting answered 96.4% (very

interesting) and 2.6% interesting.

Suggestions for products during broader dissemination need to be evaluated

on products to get product conformity data on environmental conditions and needs

of agencies that are the target of product dissemination, research in this study

 

reaches the cognitive domain only. on the affective or psychomotor aspects.