DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Orkestra Pembelajaran Bermedia Montessori untuk Pembelajaran Panca Indra dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari Anak Usia TK. (Tesis)

Putu Dian Danayanti Degeng

Abstrak


Pola pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini masih menekankan pada keseragaman yang bersifat sentralistik dan monolitik. Pola pikir yang sentralistik adalah pola pikir seseorang yang berpusat pada satu pemahaman saja. Sedangkan pola pikir monolitik adalah pola pikir yang monoton. Pendidikan yang diharapkan dapat mengajarkan bagaimana cara menghargai keragaman justru memberangus keragaman. Apabila pola pembelajaran yang menekankan pada pola pikir keseragaman masih dipertahankan, maka tidak akan pernah ada tempat untuk pengembangan daya cipta karya dan karsa belajar. Dalam konteks pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK), banyak sekali ditemukan praktek belajar-mengajar yang mematikan daya cipta karya dan karsa belajar anak.          

TK Griya Adinda adalah salah satu TK swasta di Malang yang didirikan pada tahun 1993. Sampai saat ini, TK Griya Adinda adalah satu-satunya TK di Malang yang menggunakan media Montessori dalam pembelajarannya. Meskipun demikian, sejak dibeli pada tahun 1992, penggunaan media Montessori di TK Griya Adinda masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena belum tersedianya buku panduan penggunaan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran TK Griya Adinda (TK Griya Adinda menggunakan desain pembelajaran Quantum). Adapun tujuan desain pembelajaran TK Griya Adinda adalah untuk merangsang cipta karya dan karsa belajar anak untuk menumbuhkan pribadi unggul.

Pengembangan Model Orkestra Pembelajaran Bermedia Montessori untuk Pembelajaran Panca Indra dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari Anak Usia TK dimaksudkan untuk mengatasi ketidaktersediaan orkestra pembelajaran bermedia Montessori yang dirancang dengan menggunakan pendekatan atau model rancangan yang bersifat fleksibel untuk merangsang cipta karya dan karsa belajar anak usia TK; secara khusus, sesuai dengan karakteristik pembelajaran di TK Griya Adinda. Pengembangan ini menggunakan model 2 Dimensi Orkestra Pembelajaran Degeng. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa: 1) Model Orkestra Pembelajaran Bermedia Montessori Untuk Anak Usia TK, 2) Orkestra Pembelajaran Panca Indra Bermedia Montessori Untuk Anak Usia TK, 3) Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari Bermedia Montessori Untuk Anak Usia TK, 4) Contoh Orkestra Pembelajaran Panca Indra Bermedia Montessori: Silinder Bertangkai, 5) Contoh Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari Bermedia Montessori: Berjalan.

Produk Orkestra Pembelajaran ini dinilai oleh 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, kepala TK dan 1 orang guru TK. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tanggapan langsung pada naskah dari ahli isi dan angket skala 5 yang diperoleh dari ahli media, ahli desain, kepala TK dan guru TK. Ahli isi pembelajaran menyatakan bahwa isi produk: Model Orkestra Pembelajaran adalah: sangat baik; Orkestra Pembelajaran Panca Indra dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari adalah: sangat baik; contoh Orkestra Pembelajaran Panca Indra (Silinder Bertangkai) dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari (Berjalan) adalah: sangat baik. Ahli media pembelajaran menyatakan bahwa media produk: Orkestra Pembelajaran Panca Indra dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari adalah: sangat baik. Ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa desain produk: Model Orkestra Pembelajaran adalah: baik, Orkestra Pembelajaran Panca Indra adalah: baik; Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari adalah: sangat baik; Contoh Orkestra Pembelajaran Panca Indra (Silinder Bertangkai) dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari (Berjalan) adalah: sangat baik. Kepala TK menyatakan bahwa produk: Orkestra Pembelajaran Panca Indra adalah: sangat baik; Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari adalah: baik; Contoh Orkestra Pembelajaran Panca Indra (Silinder Bertangkai) adalah: baik; Contoh Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari (Berjalan) adalah: sangat baik. Guru TK menyatakan bahwa produk: Orkestra Pembelajaran Panca Indra adalah: baik; Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-Hari adalah: cukup; contoh Orkestra Pembelajaran Panca Indra (Silinder Bertangkai) dan Kecakapan Hidup Sehari-Hari (Berjalan) adalah: cukup.

Revisi produk telah dilakukan sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh ahli isi, ahli media, ahli desain, kepala TK dan guru TK. Beberapa saran pengembangan produk antara lain: pemanfaatan produk, diseminasi produk, dan pengembangan produk lebih lanjut.

 

Abstract:

Learning model, these days, still focused on uniformity which is centralistic and monolithic. Centralistic means that the way of thinking is centered only on one understanding. While monolithic means monotonous thinking. Education, which supposed to teach how to appreciate variety, failed to achieve it. If the learning pattern which is focused on uniformity still exists, there will be no space for developing creativity and the will to learn. In the kindergarten learning context, still found some circumstances that won't allow creativity and the will to learn.

Griya Adinda Kindergarten, which was built in 1993, is the only kindergarten in Malang which uses Montessori media in the teaching and learning processes. But, since it was bought in 1992, the usage of this media still not maximum since there is no manual book which is appropriate with learning characteristics in Griya Adinda Kindergarten (Griya Adinda Kindergarten is using Quantum as it Learning design). The learning goal of Griya Adinda Kindergarten is to stimulate creativity and the will to learn in order to grow great personality.

The purpose of the development of Instructional Orchestra Model Based on Montessori Media for Sensorial and Practical Life Kindergarten is to meet the need of Instructional Orchestra based on Montessori media which design using flexible model to stimulate creativity dan the will to learn for kindergarten, especially, meet the need of Griya Adinda Kindergarten. The product is developed using 2 Dimensions Degeng Instructional Orchestra. The products are: 1) Instructional Orchestra Model Based on Montessori Media for Kindergarten, 2) Instructional Orchestra for Sensorial Based on Montessori Media for Kindergarten, 3) Instructional Orchestra for Practical Life Based on Montessori Media for Kindergarten, 4) The example of Instructional Orchestra for Sensorial Based on Montessori Media for Kindergarten: Cylinder Blocks, 5) The example of Instructional Orchestra for Practical Life Based on Montessori Media for Kindergarten: Walking.

The products assessed by an instructional content expert, an instructional media expert, an instructional designer, kindergarten Headmaster, and a kindergarten teacher. Instruments used for data collecting were direct comment on the product script taken from instructional content expert and five-scale questionnaire taken from instructional media expert, instructional designer, kindergarten headmaster and kindergarten teacher. The result taken from instructional content expert showed that the products: Instructional Orchestra Model: very good; Instructional Orchestra for Sensorial and Practical Life: very good; the example of Instructional Orchestra for Sensorial (Cylinder Blocks) and Practical Life (Walking): very good. The result taken from instructional media expert showed that the products: Instructional Orchestra for Sensorial and Practical Life: very good. The result taken from instructional designer showed that the products: Instructional Orchestra Model: good; Instructional Orchestra for Sensorial: good; Instructional Orchestra for Practical Life: very good; the example of Instructional Orchestra for Sensorial (Cylinder Blocks) and Practical Life (Walking): very good. The result taken from kindergarten headmaster showed that the products: Instructional Orchestra for Sensorial: very good; Instructional Orchestra for Practical Life: good; the example of Instructional Orchestra for Sensorial (Cylinder Blocks): good; the example of Instructional Orchestra for Practical Life (Walking): very good. The result taken from kindergarten teacher showed that the products: Instructional Orchestra for Sensorial: good; Instructional Orchestra for Practical Life: enough; the example of Instructional Orchestra Sensorial (Cylinder Blocks): enough; the example of Instructional Orchestra for Practical Life (Walking): enough.

Products revision was done as the advises given by the experts, kindergarten headmaster and kindergarten teacher. Recommendations are given related to: product utility, product dissemination and further product development.