DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi PBL dan Integrasinya dengan STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Mataram. (Tesis)

I Wayan Karmana

Abstrak


Tuntutan pendidikan abad 21 dan tujuan pendidikan nasional khususnya dalam pembelajaran biologi menekankan pengembangan potensi siswa agar menjadi pebelajar mandiri, sehingga siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan mampu memecahkan masalah hidup. Namun kenyataannya kemampuan itu masih relatif rendah di kalangan peserta didik, termasuk di SMAN 4 Mataram. Masalah ini memerlukan solusi, dan salah satu alternatif solusinya adalah dengan mengimplementasikan strategi PBL dan STAD dalam pembelajaran biologi karena secara teoritik maupun hasil penelitian strategi tersebut berpotensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, melatih menjadi pebelajar mandiri, dan meningkatkan penguasaan konsep materi yang dipelajari. Berdasarkan potensi itu, maka dalam penelitian ini diimplementasikan strategi integrasi PBL dan STAD yang belum pernah dimplementasikan sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif biologi siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran, kemampuan akademik, dan interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap skor kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif biologi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang mengimplementasikan tiga strategi berbeda dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design faktorial 3x2 yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Mataram, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 60 siswa (3 kelas). Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif serta kuesioner (inventori) kesadaran metakognitif. Sebelum instrumen digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, kecuali kuesioner metakognitif tidak dilakukan uji coba karena telah terstandar. Pengumpulan data dilakukan melalui prates dan pascates. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis dilakukan uji anakova yang dilanjutkan uji lanjut Least Significant Difference (LSD). Sebelum uji statistik, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi berupa uji normalitas dan homogenitas. Penghitungan dibantu dengan program SPSS 14 for Windows.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut: (1) strategi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap skor kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif biologi, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap skor kesadaran metakognitif. Pengaruh strategi PBL lebih tinggi 13,40%, integrasi PBL dan STAD lebih tinggi 18,58% dari strategi konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. Sementara itu pengaruh strategi PBL lebih tinggi 27,43%, integrasi PBL dan STAD lebih tinggi 30,09% dari strategi konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis, dan pengaruh strategi PBL lebih tinggi 22,12%, integrasi PBL dan STAD lebih tinggi 28,54% dari strategi konvensional terhadap hasil belajar kognitif biologi, (2) kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap skor hasil belajar kognitif biologi, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap skor kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kesadaran metakognitif, dan (3) interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap skor kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif biologi.

Terkait kesimpulan tersebut, maka peneliti menyarankan agar guru mengimplementasikan strategi PBL dan integrasi PBL dan STAD sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran biologi. Selain itu diharapkan memberdayakan perbedaan kemampuan akademik dalam membentuk kelompok belajar siswa agar tercipta scaffolding siswa, sehingga hasil belajar kognitif siswa berkemampuan rendah dapat menyamai siswa berkemampuan tinggi. Bagi peneliti selanjutnya perlu mengungkap faktor penyebab tidak berpengaruhnya strategi pembelajaran, kemampuan akademik dan interaksinya terhadap skor kesadaran metakognitif serta mengkaji pengaruh strategi PBL dan integrasi PBL dan STAD terhadap skor hasil belajar pada ranah afektif maupun psikomotorik karena penelitian ini hanya mengungkap hasil belajar ranah kognitif. Selain itu disarankan agar menerapkan strategi PBL dan integrasi PBL dan STAD pada materi biologi dengan ciri tertentu yaitu mengandung unsur masalah yang menantang atau merangsang, bersifat interdisipliner, memungkinkan adanya penyelidikan autentik, memungkinkan dihasilkan suatu karya nyata (artefak) dan dipamerkan (exhibit), serta memberi peluang bekerja kolaboratif dalam memecahkan masalah yang dihadapi seperti beberapa materi yang terkait dengan ekologi, lingkungan, keanekaragaman hayati, kependudukan, fisiologi tumbuhan, genetika, biologi sel, mikrobiologi, dan fisiologi manusia.

 

Abstract:

The challenge of education in 21st century and target of national education especially for teaching biology give great emphasis on independent passes have critical thinking skill which is creative, innovative and able to solve problems encountered in their life. In fact, this kind of skill is still relatively low including those of Public Senior High School 4 in Mataram. That problem should be solved and one of the alternative solutions is to implement PBL and STAD strategy in biology teaching because according of theory and result of research that learning strategy have potency to improve critical thinking skill, solve problem, and encourage students to be independent learner and improve the comprehension of material presented. Thus in this study, the researcher implements integrated strategy of PBL and STAD which has not been applied before to improve problem solving skill, critical thinking skill, metacognitive awareness, and cognitive learning achievement for biology.

The aim of this study is to find out the impact of learning strategy, academic competency, and it's interaction to problem solving skill, critical thinking skill, metacognitive awareness, and learning achievement for biology.

A quasi experimental design was employed in the research by using three different strategies of teaching with pretest- posttest non equivalent control group factorial design of 3 x 2 which was conducted in even semester of 2009/2010 school year. The subjects of the research are the tenth grade students of Public Senior High School 4 in Mataram consist of 60 students (3 classes). The instruments used in this study are test of problem solving skill, critical thinking, and cognitive learning achievement and questionnaire (inventory) of metacognitive awareness. Before using the instruments, the writer conducted a try out to find out the validity, reliability, difficulty level and differentiating power. Data were collected through pre and post test. Data are analyzed using descriptive analysis and the hypotheses are tested using ANACOVA test continued by Least Significant Difference (LSD). Before statistics test, the researcher conducted assumption test in the form of normality and homogeneity test. The computations are conducted using SPSS 14 for Windows.

Based on data analysis and discussion, the researcher draws the following conclusions (1) there is impact of learning strategy on score of problem solving skill, critical thinking skill and cognitive learning achievement for biology, but there is no such impact on metacognitive awareness score. The impact of PBL is higher 13,40%, PBL and STAD integration is higher 18,58% than conventional strategy on problem solving skill. In addition, the impact of PBL is higher 27,43%, PBL and STAD integration is higher 30,09% than conventional strategy on critical thinking skill and the impact of PBL strategy is higher 22,12%, integration of PBL and STAD is higher 28.54% than conventional strategy on cognitive learning achievement for biology, (2) there is impact of academic competency on cognitive learning achievement score for biology, but there is no impact on the score of problem solving skill, critical thinking skill and metacognitive awareness, and (3) there is no impact of learning strategy and academic competency interaction on score of problem solving skill, critical thinking skill and cognitive learning achievement for biology.

Based on the above findings, the writer suggests that teacher implements PBL strategy and integration between PBL and STAD as alternative strategy to teach biology. Teacher should also empower students academic competency by forming study group to encourage scaffolding among students. Thus, students with low academic achievement can keep up with those with high academic achievement. The incoming researcher should study factors that make learning strategy, academic competency and it's interaction do not have impact on meta cognitive awareness score and also study the impact of PBL strategy and integration between PBL and STAD on affective and psychomotor learning achievement because this study focuses only on cognitive learning achievement. Beside that implement this strategy in biology about ecology, environment, biodiversity, demograph, plant physiology, genetic, cell biology, microbiology, and human physiology.