DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Handout Siswa SMK tentang Pembuatan Nata de Dami Berdasarkan Hasil Penelitian Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Galina Istiqhfarini

Abstrak


RINGKASAN

 

Istiqhfarini, Galina. 2018. Pengembangan Handout Siswa SMK tentang Pembuatan Nata de Dami Berdasarkan Hasil Penelitian Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (2) Dra. Dwi Listyorini, M. Si., D.Sc.

Kata Kunci: Handout Bioteknologi, Nata de Dami, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu pendidikan formal yang diharapkan lulusannya mampu menghasilkan karya kreatif dengan memanfaatkan lingkungan secara produktif sehingga siap bekerja secara mandiri maupun mengisi lowongan pekerjaan yang telah ada. Oleh karena itu, setiap proses pembelajaran di SMK harus mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Proses pembelajaran Bioteknologi Konvensional yang selama ini dilakukan berupa pembelajaran dengan metode ceramah. Bahan ajar yang digunakan berupa buku penunjang yang berisi teori-teori dasar Biotekonologi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kretaif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang merujuk pada model 4D Thiagarajan (1974). Materi yang disusun dalam handout didasarkan pada hasil penelitian eksperimen tentang pembuatan nata de dami yang dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi UM. Teknik pengumpulan data untuk analisis kebutuhan melalui wawancara dan penyebaran angket. Handout divalidasi oleh validator ahli materi Mikrobiologi dan ahli media pembelajaran serta dilakukan uji keterbacaan oleh guru dan 20 siswa. Efektifitas handout terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa diuji melalui penelitian Quasi-eksperimental design dengan metode pretest-postest control group design dengan satu kelas kontrol dan satu kelas perlakuan sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan gain score dan uji t independent. Hasil validasi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar, sedangkan hasil analisis data implementasi handout, menunjukkan handout ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.