DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Booklet Nata dari Labu Air untuk Penyuluhan Bagi Petani Berdasarkan Penelitian Tentang Pengaruh Macam Gula dan Macam Sumber Nitrogen untuk Meningkatkan Keterampilan Petani

Rina Kristina Maria

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemerintah Indonesia mengakomodasi tiga jalur penyelenggaraan pendidik-an, yaitu pendidikan formal, nonformal, dan informal. Peran pendidikan nonformal yaitu sebagai bentuk layanan pendidikan yang bertujuan sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa sebagian besar petani labu air memiliki latar belakang pendidikan formal tidak lulus SMP, yang berakibat kurang memiliki inovasi dalam melakukan pengolahan makanan yang berbahan dasar labu air. Penyuluhan merupakan solusi yang diberikan kepada petani yang bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi petani dalam membuat makanan olahan berbahan dasar labu air.

Selama kegiatan penyuluhan diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang petani labu air. Booklet dipilih sebagai media pembelajaran karena memiliki keunggulan, seperti: berukuran kecil, menggunakan bahasa yang sederhana, dilengkapi gambar sesuai dengan aslinya, serta disusun secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membedakan kualitas nata berdasarkan penggunaan macam gula, macam sumber nitrogen, serta interaksi antara macam gula dan macam sumber nitrogen, (2) mengembangkan booklet penyuluhan bagi petani labu air, (3) menguji keterbacaan booklet yang telah disusun, dan (4) menguji keefektifan booklet terhadap keterampilan petani.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan booklet penyuluhan bagi petani yang berbasis penelitian eksperimen. Booklet dikembangkan berdasarkan model pengembangan Hannafin & Peck yang memiliki 3 tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap rancangan, serta tahap pengembangan dan implementasi. Booklet dicetak pada kertas jenis art paper ukuran A5, memakai huruf tipe Arial. Materi booklet terdiri atas 4 bab, yaitu: Pendahuluan, Labu Air sebagai Bahan Pembuatan Nata, Pembuatan Nata dari Labu Air, Pengemasan dan Pemasaran. Booklet yang telah disusun kemudian divalidasi oleh validator dan dilakukan uji keterbacaan oleh petani sebelum digunakan untuk implementasi.

Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa interaksi antara gula aren dengan kecambah kacang kedelai menghasilkan nata yang paling baik ditinjau dari tebal, berat, dan kadar serat. Hasil validasi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa booklet sangat valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran selama kegiatan penyuluhan. Tahap implementasi menggunakan booklet untuk mengukur keterampilan petani selama proses pembuatan, pengolahan, dan pengemasan nata labu air. Hasil implementasi menunjukkan bahwa booklet sangat efektif digunakan untuk melatih keterampilan petani dalam membuat, mengolah, dan mengemas nata labu air.