DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Pengetahuan Konten Pedagogik Guru Matematika Pada Program Linier

leka frita yanuati haryono

Abstrak


RINGKASAN

 

Haryono, Leka Frita Yanuati. 2019. Profil Pengetahuan Konten Pedagogik Guru Matematika Pada Program Linier. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematka, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Nengah Parta, M.Si., (2) Drs. Gatot Muhsetyo

Kata kunci : pengetahuan konten pedagogik, program linier

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanprofilpengetahuankontenpedagogik guru matematikapada program linier.Profil yang dimaksudyaitudeskripsipengetahuankontenpedagogik guru berdasarkanpengalamanmengajar. Pendekatanpenelitianiniadalahkualitatif, yaitupenelitiandilakukanpadakondisi yang alamiahdanpenelitisebagaiinstrumenkunci. Penelitiandilakukan di SMA satuYayasanYohanes Gabriel Perwakilan 1 Surabaya. Proses pelaksanaanpenelitiandimulaidaripenentuansubyekmenggunakanmetodepurposive sampling yang terdiriatasempat guru matematikayaitudua guru pemuladenganmasakerjakurangdarisepuluhtahundandua guru berpengalamandenganmasakerjalebihdari 20 tahun.  Penelitikemudianmelakukanpengamatandandokumentasipadapelaksanaanpembelajaranprogram linier.Setelahpengamatanpelaksanaanpembelajaranpenelitimelakukanwawancara.Langkahselanjutnyaadalahmenganalisisdanmenyimpulkanhasilpengamatanpelaksanaanpembelajarandanwawancara.

 

Hasilpenelitianmenunjukanprofilpengetahuankontenpedagogik guru matematikapemulayaitu  gurumenjadipusatinformasipadapembelajaran. Guru pemuladalammengajarkanmaterisecararincidanmendalamsesuaiurutandalambukuteks. Guru pemulamengalamikesulitandalamaplikasi program linier, soal-soal yang diberikansesuaidengan yang adadalambukuteks.Cara guru pemulamengatasipesertadidik yang mengalamikesulitanyaitudenganmenjelaskankembalimateri yang tidakdimengerti, memberikanjawabanlangsung, jugamemberikananalogicontoh. Profilpengetahuankontenpedagogik guru matematikaberpengalamanyaitupelaksanaanpembelajaranberpusatpadasiswa.Representasi yang diberikanbervariasi. Guru menghubungkan program linier dengantopikataupun sub unit lainnya, danjugamenghubungkan program linier denganaplikasinya. Guru berpengalamandapatmengidentifikasikesalahanpesertadidikdandalampenyelesaiannya guru tidaklangsungmenjelaskanataupunmemberikanjawaban, melainkanmenjadifasilitatordenganmemberikanpertanyaan-pertanyaan.Fokus guru berpengalamanadalahpadakonsep-konsep yang biasanyapesertadidikmengalamikesalahan.Guru berpengalamanmemberikanpesertadidikkebebasandalammengemukakan ide-ide berdasarkanpengalamanmerekauntukmembangunpengetahuantentang program linier.