DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade Berbantuan Penilaian Sejawat terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri Bareng 3 Malang

Ridha Afriani Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitri, Ridha Afriani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade Berbantuan Penilaian Sejawat terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri Bareng 3 Malang. Tesis. ProgramStudi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr.Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. (2) Dr. Lia Yuliati, M.Pd

 

Kata Kunci : keterampilan sosial, quiz-quiz trade, penilaian sejawat

Kemampuan dasar yang dibelajarkankepada siswa di sekolah dasar salah satunya adalah keterampilan sosial.Keterampilan sosial merupakan kecakapan yang diperlukan untuk berhubungan sosial dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Siswa yang mempunyai keterampilan sosial baik akan dapat diterima baik dilingkungan akademik maupun non akademik.Usaha yang perlu dilakukan guna melatih dan mengembangkan keterampilan dasar pada diri siswa yaitu melalui pembelajaran kooperatif di sekolah. Penelitian ini bertujuan melihat dan menjelaskanpengaruh model pembelajaran kooperatif Quiz-Quiz Trade berbantuan penilaian sejawat terhadap keterampilan sosial siswa Kelas IV SD Negeri Bareng 3 Malang

Rancanganpenelitian menggunakan quasi experiment (eksperimensemu) dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalahsiswa kelas IV SD Negeri Bareng3 Malang sejumlah 54 siswa yang terdiri dari 27siswa kelompok eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket keterampilan sosial siswa berupa angket tertutup. Data keterampilan sosial yang diperoleh dari pretest sebelumperlakuan dan posttest di akhir pembelajaran pada kedua kelas. Analisis datamenggunakan uji anacova

Dari hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif Quiz-Quiz Trade berbantuan penilaian sejawat terhadap keterampilan sosial siswa. Dari hitungan statistik menunjukkan kelas yang dibelajarkandengan Quiz-Quiz Trade berbantuan penilaian sejawat mempunyai nilai rata-rata keterampilan sosialyang lebih tinggi 79,49 dibandingkan dengan kelaskontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 75,19. Hasil perhitungan statistik dengan uji anacova diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00  0,05, yang artinya terdapat pengaruh terhadap keterampilan sosial siswa setelah diberikan treatment.

 

ABSTRACT

 

Fitri, Ridha Afriani. 2019. The Influence of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade Assisted by Peer Assessment of Social Skills of Class IV Students of SD Negeri Bareng 3 Malang. Thesis, GraduateProgram of Basic Education. Advisors. (1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. (2) Dr. Lia Yuliati, M.Pd

 

Keyword : social skills, quiz-quiz trade, peer assessment

The basic skills taught to students in elementary school are social skills. Social skills are needed for social relation and adjusting to the surrounding environment. Students who have good social skills will be accepted both academically and non-academically. Efforts need to train and develop basic skills in students through cooperative learning at school. This study aims to examine the effect of cooperative learning models Quiz-Quiz Trade assisted by social skills peer assessment in Class IV students of SD Negeri 3 Bareng Malang.

The design study used quasi experiment with a nonequivalent control group design. The research subjects were class IV students of SD Negeri 3 Bareng Malang with 56 students, consisting of 28 experimental group students and 28 control group students. The instrument is closed questionnaire for student's social skills and data were obtained from pretest and posttest in both classes that analyzed using anacova test.

The results showed that cooperative learning model Quiz-Quiz Trade assisted by social skills peer assessment has significant effect. The experimental class has a higher average value of social skills 79.49 compared with control class 75.19. The results of anacova test obtained a significant value of 0.00   0.05, which means that has influence on students' social skills.