DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Student Center Learning dengan Pemberian Soal Open-Ended untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan

Nurhayati .

Abstrak


RINGKASAN

 

Nurhayati. 2019. Penerapan Pendekatan Student Center Learning dengan Pemberian Soal Open-Ended untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudirman, M.Si, (II) Dr. Sukoriyanto, M.Si.

 

Kata kunci: Pendekatan Student Center Learning, Soal Open-Ended, Komunikasi Matematis Tulis

Kemampuan komunikasi matematis tulis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti yang diperkuat dengan hasil studi pendahuluan, siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan memiliki  kemampuan komunikasi matematis tulis yang rendah. Rendahnya kemampuan ini dikarenakan pembelajaran yang masih terpusat pada guru, partisipasi aktif siswa kurang dalam pembelajaran, dan guru belum melaksanakan pembelajaran yang mampu mengakses kemampuan komunikasi matematis tulis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan student center learning dengan pemberian soal open-ended yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 1) hasil observasi aktivitas guru, 2) hasil observasi aktivitas siswa, 3) catatan lapangan, dan 4) hasil tes komunikasi matematis tulis.

   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dilaksanakan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan dengan jumlah siswa sebanyak 20 pada bulan Oktober-Nopember 2018 (semester gasal) tahun pelajaran 2018/2019 pada materi sistem persamaan linier tiga variabel.

Hasil penelitian menunjukkan data hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 92,49% pada siklus I menjadi 97,50% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 80,73% pada siklus I menjadi 95,98% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan hasil tes komunikasi matematis tulis, siswa yang memperoleh kategori komunikasi matematis tulis minimal baik sebanyak 60% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan student center learning dengan pemberian soal open-ended dapat meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan pada materi sistem persamaan linier tiga variabel.  

 

 

SUMMARY

Nurhayati. 2019. Penerapan Pendekatan Student Center Learning dengan Pemberian Soal Open-Ended untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudirman, M.Si, (II) Dr. Sukoriyanto, M.Si.

Kata kunci: Student Center Learning Approach, Open-Ended Task, Written Mathematical Communication

Writing mathematical communication skills is the important abilities for students. Based on the observations of researchers and reinforced by the results of the preliminary study, students of class X MIPA Pacitan Muhammadiyah High School have low written mathematical communication skills. This low ability is due to teacher-centered learning, active participation of students in learning is lacking, and teachers have not implemented learning that is able to access students' written mathematical communication skills.

This study aims to describe the steps of the student center learning approach with the provision of open-ended questions that can improve the mathematical communication of students of class X MIPA in Pacitan Muhammadiyah High School in the material system of three-variable linear equations. The data in this study were obtained from 1) the results of observations of teacher activities, 2) the results of observations of student activities, 3) field notes, and 4) the results of written mathematical communication tests.

   This study uses a qualitative approach with the type is Classroom Action Research (CAR). Retrieval of data was carried out in class X MIPA Pacitan Muhammadiyah High School with a total of 20 students in October-November 2018 (odd semester) 2018/2019 school year in the material system of linear equations three variables.

 

The results showed that the observation data of teacher activity increased from 92,49% in the first cycle to 97,50% in second cycle with a very good category. While the results of observations of student activities increased from 80,73% in first cycle to 95,98% in second cycle with a very good category. Furthermore based on the results of students' written mathematical communication tests, students who obtain a category of minimal good in written mathematical communication is 60% in the first cycle increased to 85% in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the student center learning approach with the provision of open-ended questions can improve the written mathematical communication of class X MIPA students of Pacitan Muhammadiyah High School with the material is systems of linear equations in three variables.