DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Video Pendidikan Kedisiplinan Pada Pembelajaran PKn Kelas V SD

Siti Sofiyati

Abstrak


RINGKASAN

 

Sofiyati,Siti. 2017.Pengembangan  Media Video  Pendidikan Kedisiplinan Pada  Pembelajaran PKn Kelas V SD. Tesis  Program  Studi  Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Suthoni, M.Pd

 

Kata Kunci : Video  Pembelajaran, Pendidikan Kedisiplinan, PKn.

Media pembelajaran memiliki kedudukan yang penting dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sering  kali dipakai oleh guru adalah video, sebab video merupakan media yang tidak hanya berisi materi tetapi juga serangkaian kegiatan yang diikuti oleh peserta didik. Pengembangan media video pembelajaran di SD 01 Garum dilakukan karena belum adanya media video pembelajaran yang dihasilkan pada pelajaran PKn dengan materi kedisiplinan.

Tujuan dari pengembangan media video untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran yang  valid dan efektif, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn materi kedisiplinan.

Tahapan ini mengikuti pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahapan sebagai berikut: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Instrumen  pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah  berupa angket  validasi pada ahli media, ahli materi, dan audiens serta tes hasil belajar. Jenis data yang  yang diperoleh berupa  data kualitatif dan data kuantitatif.

Media ini divalidasi oleh ahli media  dan ahli materi, serta mengetahui pemanfaatan  hasil belajar oleh audiens/siswa sebanyak 25 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari media video pembelajaran ini  valid. Ahli media 88,75% dengan predikat valid. Ahli materi  88% dengan predikat valid.Uji coba perorangan 94.67% dengan predikat valid. Validasi kelompok kecil 94,20% dengan predikat valid. Validasi kelompok besar/klasikal 96,10% dengan predikat valid. Pada hasil belajar dengan media video uji tingkat keefektifannya memperoleh hasil  skor   siswa sebanyak 100%, dimana seluruh siswa  mengalami peningkatan  pada hasil belajar. Kesimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PKn materi kedisiplinan.