DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli Pelestarian bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun.

Yuli Chasanah

Abstrak


      

Bahan ajar merupakan sumber belajar  yang  sanga tpenting bagi guru dan siswa yang diterapkan dan diintegrasikan kedalam  proses belajar mengajar, sehingga pembelajaran lebih efektif.  Salah satu bahan ajar berupa modul yang sistematis dapat memberikan motivasi siswa untuk berpikir dan mengeksplorasi pengetahuannya melalui suatu proyek yang dapat memberikan pengalaman langsung secara mandiri dan menghasilkan produk sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul keanekaragaman hayati berbasis PjBL yang telah divalidasi oleh ahli modul, ahli materi dan praktisi pendidikan; (2) menguji kepraktisan modul keanekaragaman hayati berbasis PjBL melalui uji coba pendahuluan (3) menguji keefektifan modul keanekaragaman hayati berbasis PjB Lmelalui eksperimen semu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan sikap peduli pelestarian antara siswa yang menggunakan modul dan tidak. Penelitian ini mengacu model penelitian dan pengembangan ADDIE.

            Hasil validasi modul oleh ahli modul, ahli materi, dan ahli pendidikan di lapangan memiliki rerata skor secara berturut-turut sebesar 3,7 (sangat valid), 3,5 (sangat valid), dan 3,4 (valid). Hasil respons siswa terhadap modul pada saat uji pendahuluan tahap develop yaitu sebesar 88,58% (sangat positif), sedangkan pada tahap implementasi sebesar 91,02% (sangat positif). Hasil pretest-posttest siswa setelah penelitian eksperimen semu tahap impelementasi menunjukkan ada perbedaan hasil belajar dan sikap peduli pelestarian yang menggunakan modul berbasis PjBL lebih tinggi dari pembelajaran kelas kontrol metode diskusi presentasi.