DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Konsep Limit Fungsi dengan Strategi Elaborasi Bagi Mahasiswa. (Tesis)

Abdillah Abdillah

Abstrak


Pembelajaran Matematika di perguruan tinggi menuntut mahasiswa memahami konsep-konsep dasar. Matematika dilandasi dari definisi, teorema yang meyajikan konsep-konsep yang berkaitan dengan masalah yang terjadi dalam memahami kasus-kasus matematika. Analisis Real merupakan bekal bagi Mahasiswa Matematika sebagai calon guru untuk mengajar materi pelajaran matematika khususnya tentang konsep limit fungsi. Meskipun demikian, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap materi konsep limit fungsi masih rendah. Mahasiswa cenderung menghafal definisi dan tidak mampu menerapkan dalam memecahkan kasus. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi dengan strategi elaborasi.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran dengan strategi elaborasi dan cara menerapkan pembelajaran dengan strategi elaborasi pada konsep limit fungsi bagi mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Mataram tahun ajaran 2009/2010. Melalui pembelajaran dengan strategi elaborasi, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan orientasi, interpretasi, melakukan penyimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap orientasi antara dosen dengan mahasiswa aktif berkomunikasi dalam menentukan arah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Pada tahap interpretasi, mahasiswa mengkaji masalah yang diberikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa membuat kesimpulan dari apa yang telah mereka dapatkan selama pembelajaran.

Pembelajaran dengan strategi elaborasi yang dapat membangun pemahaman konsep konsep limit fungsi pada mahasiswa semester VI Offering D Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Mataram tahun ajaran 2009/2010 terdiri dari tahap: (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan, (2) menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, (3) dengan tanya jawab memberi motivasi dan apersepsi mahasiswa, (4) dosen melakukan orientasi kepada mahasiswa dengan memberikan permasalahan yang terkait pengenalan konsep limit fungsi, (5) mahasiswa melakukan interpretasi dengan berdiskusi dengan temannya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, (6) mahasiswa mempresentasikan hasil kerja yang diperolehnya, (7) mahasiswa saling memberikan orientasi dengan melakukan tanya jawab berdasarkan hasil yang diperolehnya, (8) dosen memberikan orientasi kepada mahasiswa untuk mengklarifikasi masalah yang muncul, (9) mahasiswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari, (10) mahasiswa mengerjakan tugas akhir yang diberikan.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang limit fungsi.

 

Abstract:

The study of mathematics in college demands student to comprehend the basic concepts. Mathematics are based on definition, theorem which is presenting concepts related to problem that happened in comprehending mathematics cases. Real Analysis represents provisions for mathematics students as candidate of teachers to teach the mathematics subject especially about the concept of limit function. Nevertheless, the fact indicates that the mastery of students toward the concept of limit function is still poor. The students tend to memorize the definition and unable to apply it in accomplishing the cases. Therefore, it is needed a serious effort in developing the students' understanding toward the concept of limit function using the elaboration strategy.

This research aimed to obtain the design of the study using the elaboration strategy and the way in applying it with the elaboration strategy at the concept of limit function for the sixth semester students of mathematics education of IKIP Mataram in the academic year 2009/2010. Through the study using the elaboration strategy, the students were given an opportunity to have orientation, interpretation, and making conclusion on the study, which had been done. In the orientation stage, both lecturs and students communicated actively in determining directions to solve the problems faced. In the interpretation stage, the students investigated the problems given through an analysis, discussion, question, and answer activities. By the end of study, the students made conclusion on what they had during the study.

The study using the elaboration strategy which could develop the understanding of the concept of limit function for the sixth semester students of Offering D of mathematics education of IKIP Mataram in the academic year 2009/2010 consisted of ten phases as follows: (1) the lecture gives orientation about the study to be executed, (2) the lecture conveys the topic and the objective of the study, (3) the students are given motivation and apperception through question and answer activity, (4) the lecture conducts orientation to the students by giving relevant problems dealt with the introduction of the concept of limit function, (5) the students demonstrate interpretation by discussing with their friends in accomplishing the problems given, (6) the students present the results of obtained work, (7) the students give each other orientation by conducting question and answer based on result obtained, (8) the lecture gives orientation to students to clarifiy the problems which are appeared, (9) the students make conclusion to items which have been studied, and (10) the students do the final task given.

From the result of this research, it is concluded that the form of study which was developed in thi research succed as the form of study which could develop the students' ability in mathematics analysis about the limit function.