DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Diklat Kompetensi Profesional, Diklat Kompetensi Pedagogik, dan Peningkatan Wawasan Kejuruan Terhadap Sikap Guru Serta Dampaknya Terhadap Praktik Pembelajaran Antardisiplin pada Sekolah Menengah Kejuruan Program KeahlianTeknik Ketenagalistrikan d

Sugiarta Sugiarta

Abstrak


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian (Progli) Teknik Ketenagalistrikan pada masa sekarang memerlukan pelaksanaan pembelajaran antardisiplin guna peningkatan mutu pendidikan. Praktik pembelajaran antardisiplin diperlukan karena merupakan strategi mendukung terwujudnya kompetensi tamatan SMK abad 21. Dalam rangka mendorong pelaksanaan pembelajaran antardisiplin diperlukan perhatian pada perubahan sikap guru. Upaya pengembangan sikap dilaksanakan untukmembangkitkan kesadaran guru dalam praktik pembelajaran, utamanya pembelajaran antardisiplin. Pengembangan sikap guru diantaranya dapat ditempuh melalui diklat kompetensi profesional, pedagogik dan peningkatan wawasan kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh langsung antara: (a) Diklat kompetensi profesional terhadap sikap, (b) Diklat kompetensi pedagogik terhadap sikap, (c) Peningkatan wawasan kejuruan terhadap sikap, (d) Diklat kompetensi profesional terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (e) Diklat kompetensi pedagogik terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (f) Peningkatan wawasan kejuruan terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (g) Sikap guru terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, untuk pengaruh yang tidak langsung: (h) Diklat kompetensi profesional terhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap, (i) Diklat kompetensi pedagogikterhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap, (j) Peningkatan wawasan kejuruan terhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap.

Metode penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk dalam explanatory. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Model jawaban dari angket menggunakan skala Liekert. Populasinya  guru pengampu mata pelajarandi SMK seMalang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu), bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Teknik sampling yang digunakan pusposive random sampling,sedangkan guru yang dijadikan responden penelitian sejumlah 273. Teknik analisis data yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Model).

 

Temuan penelitian ini adalah:(a) ada pengaruh langsung yang signifikan diklat kompetensi profesional terhadap sikap, (b) ada pengaruh langsung yang signifikan Diklat kompetensi pedagogik terhadap sikap, (c) adapengaruh langsung yang signifikan peningkatan wawasan kejuruan terhadap sikap, (d) ada pengaruh langsung yang signifikan diklat kompetensi profesional terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (e) ada pengaruh langsung yang signifikan diklat kompetensi pedagogik terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (f) ada pengaruh langsung yang signifikan peningkatan wawasan kejuruan terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (g) ada pengaruh langsung yang signifikan sikap terhadap praktik pembelajaran antardisiplin, (h) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan diklat kompetensi pofesional terhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap, (i) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan diklat kompetensi pedagogik terhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap, (j) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan peningkatan wawasan kejuruan terhadap praktik pembelajaran antardisiplin melalui sikap.