DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Permainan Kata terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas IV di SDIT AL-Istiqomah Pace.

Siska Nurma Yunitasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Penguasaan kosakata dan keterampilan menulis cerita sangat penting diajarkan kepada peserta didik SD karena kedua hal tersebut berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa baik lisan maupun tulisan. Jumlah kosakata yang harus dikuasai siswa kelas tinggi adalah 50.000 kosakata. Menurut kurikulum yang berlaku keterampilan menulis yang harus dikuasai peserta didik di kelas tinggi diantaranya adalah menulis lanjutan, menulis dengan bantuan gambar, menulis paragraf, menulis karangan sederhana, menulis surat, dan menulis formulir. Penilaian hasil yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan menulis di kelas tinggi salah satunya adalah pada aspek bahasa yang mencakup stuktur kata, diksi atau pemilihan kata yang sesuai dengan kebutuhan tulisan, dan struktur kalimat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace ditemukan fakta bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam penguasaan materi bahasa Indonesia. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis cerita dan penguasaan kosakata peserta didik masih terbatas. Selain itu, guru juga tidak menyesuaikan metode pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang akan disampaikan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan metode permainan kata jenis teka-teki silang dan anagram. Metode permainan kata dapat menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar dan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, sehingga guru dapat terbantu dalam upaya memperkaya kosakata dan melatih keterampilan menulis cerita peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan kata terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV di SDIT Al-Istiqomah Pace.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini terdiri atas dua kelompok yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Penggunaan metode permainan kata diberikan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan kedua kelas diberikan pretest kemudian setelah perlakuan kedua kelas diberikan posttest. Seluruh peserta didik kelas IV di SDIT Al-Istiqomah Pace berjumlah 36 siswa digunakan sebagai subyek penelitian, kemudian ditentukan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 18 anak dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 anak. Tes yang dipakai untuk mengetahui penguasaan kosakata disajikan dalam bentuk tes menentukan sinonim dan antonim. Tes yang dipakai untuk mengetahui keterampilan menulis cerita berupa tes membuat ringkasan cerita dan membuat cerita sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan kata memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV di SDIT Al-Istiqomah Pace. Pengaruh metode permainan kata dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji anacova pada pengujian penguasaan kosakata diperoleh hasi bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan pada pengujian hipotesis keterampilan menulis cerita diperoleh hasil bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan kosakata di kelas eksperimen diperoleh hasil yaitu 70 lebih besar dibanding kelas kontrol yang hanya 50, kemudian pada keterampilan menulis cerita diperoleh nilai rata-rata yaitu 71 lebih besar dibanding kelas kontrol yang hanya 50. Sehingga peneliti menyarankan bagi guru untuk menerapkan metode permainan kata dengan jenis teka-teki silang dan anagram dalam pembelajaran untuk membentu peserta didik dalam hal penguasaan kosakata dan keterampilan menulis cerita. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi.