DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Kepemimpinan Melayani dalam Meningkatkan Semangat Pengabdian Guru (Studi Multi Situs di SMA K Yos Sudarso, Batu Jawa Timur dan SMA K St. Paulus Pontianak Kalimantan Barat).

Edit Yulitri

Abstrak


RINGKASAN

 

Yulitri, Edit. 2019. Model Kepemimpinan Melayani dalam Meningkatkan Semangat Pengabdian Guru (Studi Multi Situs di SMA K Yos Sudarso, Batu Jawa Timur dan SMA K St. Paulus Pontianak Kalimantan Barat). Tesis. Program Studi Manajeman Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M. Pd. (II) Dr. Mustiningsih, M. Pd

 

Kata Kunci: model kepemimpinan melayani, semangat pengabdian, guru

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat pengabdian guru pada lembaga pendidikan Sekolah Menengah Atas khususnya pada SMA Katolik Yos Sudarso Batu dan St. Paulus Pontianak. Kepala sekolah sebagai penggerak kehidupan dan pembaharu perubahan di lembaga pendidikan harus termotivasi tinggi untuk mensejahterakan warga sekolah dengan memberi pelayanan berdasarkan cinta kasih. Kepala sekolah yang terpanggil dan terpilih untuk memimpin lembaga pendidikan hendaknya memahami dan menghidupi semangat pengabdian yang mulia pada lembaga pendidikan demi keberhasilan sekolah. Model kepemimpianan melayani menitik beratkan bahwa melalui keteladanan perilaku seorang pelayan yang sederhana, disiplin, siap-sedia, rendah hati, bijaksana, jujur, ulet, tangguh, amanah, taqwakal diharapkan mampu memberi kontribusi dan perubahan positif untuk meningkatkan semangat pengabdian guru pada lembaga pendidikan.

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model kepemimpinan melayani dalam meningkatkan semangat pengabdian guru di SMA K Yos Sudarso Batu dan SMA K St. Paulus Pontianak. Fokus umum tersebut dijabarkan ke dalam sub-sub fokus sebagai berikut; (1) Faktor penyebab pemimpin termotivasi tinggi dalam melayani, (2) Implementasi visi, misi, tujuan dan program pemimpin dalam meningkatkan semangat pengabdian guru di SMA K Yos Sudarso Batu, dan SMA K St. Paulus Pontianak, (3) Karakteristik pemimpin dalam meningkatkan semangat pengabdian guru di SMA K Yos Sudarso Batu dan SMA K St. Paulus Pontianak, (4) Dampak perilaku pemimpin dalammeningkatkan semangat pengabdian guru di SMA K Yos Sudarso Batu dan SMA K St. Paulus Pontianak.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi multi situs. Sumber data adalah Kepala SMA K Yos Sudarso Batu dan Kepala SMA K St. Paulus Pontianak. Metode perolehan data adalah metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa intrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan data digunakan metode yang relevan secara khusus dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan pengolahan data dimulai dengan tahap penelaahan data berupapembuatan traskrip wawancara, pengumpulan gambar dokumentatif yang relevan serta merapikan data observasi partisipasi, selanjutnya dilakukan tahap identifikasi berupa reduksi data agar meminimalisir duplikasi sehingga dapat dilakukan klasifikasi data, dan pada akhirnya tahap evaluasi dimana peneliti memperoleh keyakinan bahwa data yang terkumpul layan untuk dianalisis yakni analisi situs tunggal dan analisis lintas situs.

Kegiatan analisis lintas situs menghasilkan temuan berikut ini. Kepala SMA K Yos Sudarso Batu dan Kepala SMA K St. Paulus Pontianak dalam usaha meningkatkan semangat pengabdian guru selalau ada faktor yang menyebabkan keberhasilan kepemimpinannya. Faktor penyebab pemimpin termotivasi tinggi dalam melayani yaitu; (a) panggilan jiwa dan kerendahan hati; (b) cinta kasih dasar visi-misi pemimpin; (c) penyembuhan; (d) komitmen pemimpin. Pengimplementasian visi dan misi oleh pemimpin di lihat dari spiritualitas pendiri telah terinternalisasi dalam seluruh stakeholders sekolah. Perwujudan dan peningkatan visi pemimpin mengimplikasikan pelaksanaan pendidikan yang beroreantasi pada pencerdasan kehidupan bangsa, sikap toleransi terhadap perbedaan agama, suku, golongan sosial ekonomi dalam lingkup global. Pribadi pemimpin yang mendapat panggilan jiwa untuk memimpin yaitu karismatik, memiliki ambisi dan semangat (visioner), memiliki hasrat untuk memimpin, jujur, integritas, bijaksana, siap sedia, percaya diri, fleksibel, serta memiliki pengetahuan yang relevan dengan pekerjaannya. Kedua kepala sekolah pada situs penelitian merupakan sosok yang berjiwa melayani, visioner, bijaksana, rendah hati, disiplin, peka. Temuan penelitian tentang dampak perilaku kepala sekolah yang berjiwa melayani pada sekolah yang merupakan situs satu maupun situs dua yang dipaparkan secara deskriptif berdampak positif baik terhadap tenaga pendidik, kependidikan, peserta didik, orang tua murid dan masyarakat sekitar. Kepala sekolah yang berjiwa melayani menanamkan dalam diri mereka keterbukaan untuk mendengarkan orang lain melalui kedekatan, kehadiran yang tekun, kemampuan untuk menghidupkan dan mengambil inisiatif, membantu orang yang dipercayakan kepada mereka untuk diarahkan, digerakkan, dipengaruhi melalui tindakkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Saran bagi Yayasan Sanata Bahkti Passio dan YPSB hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan profesionalisme pengurus yayasan dalam rekrutmen, pembinaan, dan pengawasan. Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam mengarahkan, mempengaruhi, memberdayakan, mambimbing dan mensupervisi tenaga pendidik dan kependidikan. Bagi Tenaga pendidik dan kependidikan hasil penelitian ini bermanfaat dalam meningkatkan semangat pengabdian pada lembaga pendidikan. Bagi Peserta didik, aktivis sekolah hasil penelitian ini dapat meningkatkan prestasi akademik dan nonakdemik yang membawa nama baik sekolah. Bagi Peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai studi pendahuluan dalam melakukan penelitian yang serupa khususnya yang berkaitan dengan tema lain, seperti kepemimpinan melayani pada pendidikan nonformal.