DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Makna Aktivitas Pariwisata di Trenggalek bagi Perekonomian Masyarakat dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi (Studi pada Masyarakat Pesisir Pantai Trenggalek)

Gaguk Apri Handiyana

Abstrak


RINGKASAN

 

Handiyana, G.A. 2018. Makna Aktivitas Pariwisata di Trenggalek bagi Perekonomian Masyarakat dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi (Studi pada Masyarakat Pesisir Pantai Trenggalek). Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S

 

Kata kunci: Aktivitas Pariwisata, Perekonomian Masyarakat, Pendidikan Ekonomi

Potensi pariwisata yang tersebar di seluruh daerah menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor pemasukan penting bagi Negara dan juga pemerintah daerah tempat objek wisata tersebut berada. Jika dilihat dari sosial, kegiatan pariwisata dapat membuka kesempatan kerja yang lebih besar mulai dari kegiatan penyediaan sarana prasarana serta berbagai sektor usaha yang dijalankan. Sedangkan dari kacamata ekonomi, kegiatan pariwisata menjadi sumber pendapatan bagi daerah berupa karcis parkir, pajak, dan retribusi. Perkembangan pariwisata juga akan menumbuhkan berbagai usaha di sektor ekonomi yang saling berkaitan dan menunjang untuk kegiatan pariwisata sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkecimpung dalam pariwisata. Bagaimana pentingnya SDM berkualitas dalam mengembangkan pariwisata. SDM yang berkualitas tentu akan berdampak langsung pada pariwisata karena dengan SDM tersebut maka meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk meneliti bagaimana pengaruh pendidikan ekonomi berperan secara langsung terhadap kualitas SDM yang berkecimpung dalam sektor pariwisata. Selain itu juga pada kenyataannya masyarakat yang berada di kawasan tersebut mayoritas berprofesi sebagi nelayan dengan tingkat pendidikan dan penghasilan yang bisa dikatakan rendah

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang di dalamnya peneliti membuat suatu interpretasi atas apa yang dilihat, didengar dan dipahami partisipan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah wawasan tentang pendidikan ekonomi yang mereka pahami adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mencari uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta bagaimana mengatur keuangan. Mengenai manfaat pendidikan ekonomi serta pentingnya pendidikan bagi kelangsungan hidup, menurut mereka manfaat pendidikan ekonomi adalah mereka bisa memilah mana kebutuhan pokok dan mana kebutuhan yang tidak penting (bisa ditunda) sehingga mereka bisa mengatur keuangan dan bisa menabung.

 

Kesimpulan yang didapat adalah melalui pendidikan yang secara khusus pendidikan ekonomi, masyarakat menjadi mengerti bagaimana cara mereka mengelola keuangan serta menyisisihkan untuk ditabung. Perubahan yang terjadi akibat aktivitas pariwisata tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat.