DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tingkat BerpikirGeometriSiswa SMK BerdasarkanTeori Van HielleDitinjaudariPerbedaaanJenisKelamin

Eddy . Nugroho

Abstrak


RINGKASAN

 

Nugroho, Eddy. 2019. Tingkat BerpikirGeometriSiswa SMK BerdasarkanTeori Van HielleDitinjaudariPerbedaaanJenisKelaminTesis, Program StudiPendidikanMatematika, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.AbadyoM.Si. dan (II) Dra. SantiIrawatiM.Si., Ph.D.

Kata Kunci    :tingkatberpikirgeometri, teori Van Hiele, perbedaanjeniskelamin

Penelitian ini dilatari oleh adanya dugaan perbedaan tentang tingkat berpikir geometri siswa SMK laki-laki dan perempuan berdasarkan teori tingkat berpikir van Hiele. Berdasarkan dugaan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat berpikir siswa SMK yang menjadi subjek penelitian berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan kemampuan matematikanya.

Penelitian yang berpendekatan kualitatif naturalistik ini, mengambil 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan sebagai subjek penelitian yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematikanya. Dalam metode ini, untuk menjaring informasi tentang tingkat berpikir subjek penelitian, masing-masing subjek penelitian diwawancarai dengan enam kegiatan yang meliputi: (1) Menggambar bangun-bangun segiempat, (2) Menunjukkan dan mendefinisikan segiempat, (3) Menyeleksi bangun-bangun segiempat, (4) Menebak bangun misteri, (5) Keekuivalenan dua definisi jajargenjang, dan (6) Penerapan bangun segiempat.

Hasildaritiapkegiatandianalisisdanselanjutnyaditentukantingkatberpikirdarimasing-masingsubjekpenelitian. Ada limasubjekpenelitian yang memilikitingkatberpikir 1, yaitu:  Siswalaki-lakikelompoknilaitinggidanrendah, semuasiswaperempuan. Sedangkanhanyasiswalaki-lakikelompoknilaisedangyang memilikitingkatberpikir 0.Sebagianbesarsubjekmemilikikelemahandalamhalmenggunakansifat-sifat yang tidaktepatuntukmembedakan, mengidentifikasi, danmemilihbangun-bangungeometri.Subjekpenelitianjugatidakdapatmembayangkanbahwabanyaknyabangunsegiempatberbeda yang dapatdigambaradalahtakhinggabanyak.Hampirsemuasubjekdalampenelitianinimasihmengabaikanclass inclusionbangun-bangunsegiempatmeskipunmerekatelahmampumembedakanbangun-bangungeometriberdasarkansifat-sifatkomponennya.

Sesuaidengantujuandaripenelitianini, makakesimpulan yang dapatdiambiladalahsubjekpenelitianmemilikitingkatberpikirgeometri yang sama, yaitubaiksiswalaki-lakidanperempuanberadapadatingkatberpikir 1 (Analisis). Hal iniberbedajikaditinjaudarikemampuanmatematikanya.Untuksiswa yang beradapadakelompoknilaitinggidannilairendah, semuasiswaberadapadatingkatberpikir 1, sedangkanpadakelompoknilaisedangmemilikianomalihanyaseorangsiswa (PS) yang beradapadatingkatberpikir 1 dan yang lain beradapadatingkatberpikir 0 (Visualisasi)