DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Cerita Anak Berorientasi Nilai-nilai Karakter

Mufidah NurJannah Eka

Abstrak


ABSTRAK

 

Eka, Mufidah NurJannah. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Cerita Anak Berorientasi Nilai-nilai Karakter. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M. Pd. (2) Dr. Titik Harsiati, M. Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar, menulis kreatif, cerita fabel, nilai-nilai karakter.

Bahan ajar merupakan buku pedoman belajar bagi siswa yang memuat materi, contoh, dan latihan soal yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran siswa adalah tercapainya kompetensi dasar dalam kurikulum. Bahan ajar menulis kreatif cerita anak berorientasi nilai-nilai karakter menjadi buku penunjang bagi guru dalam mengajarkan keterampilan menulis cerita bagi siswa. Isi bahan ajar memuat materi dan contoh, gambar, serta latihan menulis. Latihan menulis cerita digunakan untuk mengasah kemampuan siswa dalam menulis cerita. Cerita yang diangkat dalam materi bahan ajar menulis kreatif adalah cerita fabel. Cerita fabel sangat dekat dengan kehidupan siswa, karena menceritakan tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang sarat akan nilai-nilai moral. Oleh karena itu, bahan ajar menulis kreatif ini berorientasi pada nilai-nilai karakter. Bahan ajar menulis kreatif dapat melatih siswa untuk menulis cerita fabel serta memikirkan nilai-nilai yang baik untuk diangkat menjadi sebuah cerita.

Model penelitian ini menggabungkan dua model yakni Dick and Carey dan Four-D Model. Tahapan yang dilakukan dalam kedua model tersebut adalah mengidentifikasi tujuan intruksional, melakukan analisis instruksional, menganalisis keterampilan dan karakteristik yang dimiliki anak dan pengajar, analisis tujuan-tujuan pengajaran ke dalam tujuan-tujuan yang spesifik, mengembangkan strategi pengajaran, mengembangkan bahan ajar, melakukan evaluasi formatif, dan merevisi. Penelitian ini dilakukan uji coba kelompok kecil terlebih dahulu pada siswa kelas V D SDN Percobaan 2 Malang. Kemudian dilakukan uji lapangan berupa Pretest dan Posttest di kelas V C SDN Percobaan 2 malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest¸ maka hanya satu kelas yang dilakukan uji coba yakni kelas V C SDN Percobaan 2 malang.

Produk bahan ajar menulis kreatif cerita anak berorientasi nilai-nilai karakter memuat dua unit. Unit pertama menulis terbimbing dan unit kedua menulis mandiri. Tiap unit memiliki lima aktivitas dalam menulis cerita. Kelima aktivitas terdiri atas menentukan tema, menentukan tokoh dan sifatnya, mengembangkan kerangka cerita, menulis cerita, dan menentukan judul cerita. Muatan bahan ajar didukung dengan adanya rangsangan gambar dan cerita fabel. Cerita fabel yang dicontohkan memuat nilai-nilai yang sesuai dengan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) utamanya nilai kejujuran, persahabatan, peduli sosial dan kerja keras. Adanya rangsangan gambar dan cerita fabel memudahkan siswa untuk menulis cerita fabel. Berikut penjelasan secara rinci kegiatan di tiap unit.

Unit satu menulis terbimbing menggunakan pendekatan copy master untuk melatih siswa menulis cerita. Pendekatan ini diawali dengan adanya contoh berupa gambar berseri, proses menulis, serta cerita fabel. Siswa memahami contoh yang diberikan kemudian tugasnya siswa dapat menulis cerita fabel dengan mengikuti proses menulis. Kegiatan dalam proses menulis cerita meliputi lima aktivitas yang terdiri atas menentukan tema, menentukan tokoh dan sifat, mengembangkan kerangka cerita, menulis cerita dan menentukan judul cerita. Cerita fabel yang digunakan dalam proses menulis memuat nilai-nilai karakter. Nilai karakter yang muncul dalam cerita fabel adalah nilai kejujuran, peduli sosial dan kerja keras. Unit satu menghasilkan karya siswa dalam membuat cerita fabel dengan orientasi nilai kejujuran, peduli sosial dan kerja keras.

Pada unit dua menulis mandiri digunakan pendekatan menulis bebas. Kegiatan dalam unit dua memiliki kesamaan dengan unit satu. Kegiatannya berupa lima aktivitas menulis yang terdiri atas, menentukan tema, menentukan tokoh dan sifatnya, mengembangkan kerangka cerita, menulis cerita dan menentukan judul cerita. Pada unit ini siswa secara mandiri memilih tema cerita yang sudah diberikan. Tema cerita fabel sesuai dengan nilai-nilai karakter. Pilihan tema meliputi nilai kejujuran, peduli sosial, nilai persahabatan, dan kerja keras. Keempat pilihan tema akan dipilih siswa untuk dikembangkan menjadi  karya cerita fabel.

Hasil yang diperoleh dalam uji bahan ajar ada dua terdiri atas uji kelayakan dan uji keefektifan. Uji kelayakan didapat dari uji validitas kepada ahli materi, ahli sastra anak, ahli praktisi, dan uji coba kelompok kecil. Uji validitas pada ahli materi memeroleh 84%, ahli sastra anak memeroleh 90%, ahli praktisi memeroleh 85%, serta uji coba kelompok kecil memeroleh 80%. Sehingga total dari rata-rata validitas keempat sumber mendapatkan 85%. Kategori validitas dari persentasi tersebut adalah cukup layak. Sehingga, harus dilakukan sedikit revisi sebelum digunakan dalam uji coba lapangan.

Uji coba lapangan digunakan untuk mengetahui keefektifan produk bahan ajar menulis kreatif pada siswa. Pengujian dilakukan dalam dua tahapan yakni uji normalitas dan uji beda.  Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui apakah data nilai pretest dan posttest berdistribusi normal atau tidak. Data harus berdistribusi normal untuk melakukan pengujian berikutnya. Hasil uji normalitas pretest dan posttest diperoleh taraf signifikansinya adalah 0,123 dan 0,200. Keputusannya data dikatakan normal apabila nilai signifikansi > 0,05. Kedua nilai pretest dan posttest lebih dari 0,05 maka data pretest dan posttest dikatakan normal. Selanjutnya dilakukan uji beda dengan membandingkan nilai pretest dan posttest untuk mengetahui keberbedaan antara keduanya. Jika niilai keduanya tidak berbeda maka bahan ajar menulis kreatif berorientasi nilai-nilai karakter dikatakan tidak efektif, tetapi apabila sebaliknya maka bahan ajar menulis kreatif dikatakan efektif. Uji beda menggunakan sample paired t-test. Hasil pengujian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00. Keputusannya untuk mengetahui keefektifannya apabila nilai signifikansi (2-tailed)   0,05 maka dikatakan efektif. Hasil nilai uji beda 0,00   0,05 maka keputusannya adalah bahan ajar menulis kreatif berorientasi nilai-nilai karakter efektif dilaksanakan dalam pembelajaran.

 

SUMMARY

 

Eka, Mufidah NurJannah. 2019. Development Learning Materials of Creative Writing of Children Stories Oriented to Character Values. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, State University of Malang. Advisor (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M. Pd. (2) Dr. Titik Harsiati, M. Pd.

 

Kata Kunci: teaching materials, creative writing, fable stories, character values.

Teaching materials are learning guide books for students that contain material, examples, and practice questions used to achieve learning goal. Learning goal itself is achieving basic competencies of curriculum. Creative writings of children’s stories as teaching material which oriented to character values become supporting book for teacher      in teaching story writing skills to students. Teaching materials contain material and examples, pictures, and writing exercises. Story writing exercises are used to hone students' skills in writing stories. The story raised in the material of creative writing as teaching materials is the story of fables. Fable stories are very close to students' lives, because they tell about events in everyday life that are full of moral values. Therefore, creative writing as teaching materials are oriented towards character values. Creative writing as teaching materials can train students to write fable stories and think of good values to be raised as a story.

This research model combines two models namely Dick and Carey and Four-D Model. Stages that carried out in both models are identifying instructional objectives, conducting instructional analysis, analyzing the skills and characteristics of children and instructors, analyzing teaching goals into specific goals, developing teaching strategies, developing teaching materials, conducting formative evaluations , and revising. This study conducted a small group trial first on students of class V D SDN Percobaan 2 Malang.  This study began by first conducting a trial on a small group of students in class V D SDN Percobaan 2 Malang. Then conducted a field test in the form of Pretest and Posttest in class V C SDN Percobaan 2 Malang. The research design used was Pre-experimental Design with the type of One Group Pretest Posttest, so only one class was tested namely class V C SDN Percobaan 2 Malang.

Creative writing as teaching material for children's stories oriented to character values contain two units. The first unit is guided writing and the second unit is independent writing. Each unit has five activities in writing stories. The five activities consist of determining the theme, determining the character and nature, developing a story frame, writing stories, and determining the title of the story. The content of teaching materials is supported by the stimulation of fable images and stories. The fable story exemplified contains values that are in accordance with SCE (Strengthening Character Education), especially the values of honesty, friendship, social care and hard work. The stimulation of picture and story fables makes it easier for students to write fable stories. The following is a detailed explanation of activities in each unit.

The guided writing unit uses the copy master approach to train students to write stories. This approach begins with an example in the form of serial images, writing processes, and fable stories. Students understand the examples given then the task is students can write fable stories by following the writing process. Activities in the story writing process include five activities which consist of determining themes, determining characters and traits, developing story frames, writing stories and determining story titles. Fable stories used in the writing process contain character values. The character values that appear in the fable's story are the values of honesty, social care and hard work. Unit one produces student work in making fable stories with an orientation to the value of honesty, social care and hard work.

In unit two, independent writing is used the free writing approach. Activities in unit two have similarities with unit one. The activities are in the form of five writing activities which consist of determining themes, determining characters and characteristics, developing a story frame, writing stories and determining the title of the story. In this unit students independently choose the theme of the story that has been given. The theme of the fable story corresponds to character values. The choice of themes includes the value of honesty, social care, the value of friendship, and hard work. The four chosen themes will be chosen by students to be developed into fable stories.

The results obtained in the test of teaching materials consist of feasibility tests and effectiveness tests. The feasibility test was obtained from the validity test to the material expert, child literary expert, practitioner expert, and small group trial. Test the validity of material experts gained 84%, child literary experts gained 90%, expert practitioners gained 85%, and small group trials gained 80%. So, that the total from the average validity of the four sources gets 85%. The validity category of the percentage is quite feasible. So, a little revision must be made before being used in the field trial.

Field trials are used to determine the effectiveness of creative writing as teaching materials for students. Tests are carried out in two stages, namely the normality test and the different test. The normality test is done to find out whether the data on the pretest and posttest values are normally distributed or not. Data must be normally distributed to do the next test. The results of the pretest and posttest normality test obtained a significance level of 0.123 and 0.200. The decision, data is said to be normal if the significance value is> 0.05. Both the pretest and posttest values were more than 0.05, the pretest and posttest data are normal. Then a different test was performed by comparing the values of the pretest and posttest to find out the differences between the two. If the value of both is not different, creative writing as teaching materials oriented towards character values are said to be ineffective, but if the opposite, then creative writing teaching materials are said to be effective. Different test using sample paired t-test. The test results obtained a significance value (2-tailed) of 0.00. The decision is to find out its effectiveness if the significance value (2-tailed)  .05 is said to be effective. The results of the different test scores are 0.00  0.05, so the decision is creative writing as teaching materials oriented to character values effectively implemented in learning.