DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Bakat Mekanik dan Motivasi Keguruan dengan Kompetensi Pedagogik di Bidang Pemesinan Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin FT-UM. (Tesis)

Abdul Qolik

Abstrak


Kompetensi pedagogik adalah bagian dari kompetensi guru yang diperlukan untuk menjadi guru yang profesional. Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin diharapkan memiliki kompetensi pedagogik di bidang pemesinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi bakat mekanik, motivasi keguruan, kom-petensi pedagogik di bidang pemesinan, dan hubungan bakat mekanik dan motivasi keguruan dengan kompetensi pedagogik di bidang pemesinan, hubungan bakat mekanik dan motivasi keguruan secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogik di bidang pemesinan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif  korelasional. Populasi penelitiannya mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik mesin berjumlah 181orang. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling 65 orang. Pengumpulan data variabel bakat mekanik (X1) dan kompetensi pedagogik (Y) menggunakan tes pilihan ganda, varibel motivasi keguruan (X2) menggunakan kuesioner.

Kajian deskriptif menyimpulkan bahwa: (a) X1 sebesar 53,8% baik, (b) X2 sebesar 18,46% sangat tinggi, (c) Y sebesar 18,46% sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menyimpulkan: (a) terdapat hubungan antara X1 dengan Y sebesar (r1) = 0,264; sumbangan (kontribusi) X1 terhadap Ysebesar 7,0%,(b) terdapat hubungan antara X2 dengan Y sebesar (r2) = 0,562; sumbangan (kontribusi) X2 terhagap Y sebesar 31,5%,  (c) terdapat hubungan antara X1 dan X2 secara simultan terhadapY sebesar R=0,615; kontribusi X1 dan X2 terhadap Ysebesar 61,5%, artinya bahwa 61,5% variabel bakat mekanik dan variabel motivasi keguruan memberi sumbangan (kontribusi) terhadap kompetensi pedagogik di bidang pemesinan, sedang sisanya 38,5 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Jurusan Teknik Mesin perlu meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa melalui program-program pembelajaran yang dikemas melalui model-model yang mengaitkan bakat mekanik dan motivasi keguruan. (2) Bagi Dosen Teknik Mesin lebih meningkatkan kompetensi pedagogik  mahasiswa melalui penerapan dalam proses pembelajaran yang dikaitkan dengan bakat mekanik dan motivasi keguruan. (3) Peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada program studi dengan mengkaji faktor-faktor lain yang mempengaruhi kompetensi pedagogik di bidang pemesinan.

 

Abstract:

Pedagogical competence is a part of teacher's competence, which is required to be a professional teacher. Students of Engineering Program are expected to have pedagogical competence in machinery. Objectives of this research are to find out description of mechanical talent, teaching motivation, pedagogical competence in machinery, and relationship between mechanical talent and teaching motivation with pedagogical competence in machinery, relationship between mechanical talent and teaching motivation, which simultaneously related to pedagogical competence in machinery.

Design of the research used descriptive correlation. Population of the research was 181 students who attended machinery engineering program. Sample was taken using proportional random sampling that comprised of 65 students. Collecting the data of mechanical talent variable (X1) and pedagogical competence (Y) used multiple choices test, teaching motivation variable (X2) used questionnaires.

The descriptive review concluded that: (a) X1 of 53.8% is good, (b) X2 of 18.46% is very high, (c) Y of 18.46% is very high. Results of the hypothesis test concluded : (a) relationship between X1 and Y is (r1) = 0.264; contribution X1 to Y is 7.0%, (b) relationship between X2 and Y is (r2) = 0.562; contribution X2 to Y is 31.5%, (c) relationship between X1 and X2, simultaneously, to Y is R = 0.615; contribution X1 and X2 to Y is 61.5%, which means that 61.5% of the mechanical talent variable and teaching motivation variable make a contribution to the pedagogical competence in machinery, while 38.5% of the rest is influenced by other variable.

Based on result of the research, it is suggested that; (1) the Machanical Engineering Program should improve the pedagogical competence of the students through learning program, which is packaged through models that relate the mechanical talent and teaching motivation. (2) Lecturers of the Machanical Engineering Program should be more improve the pedagogical competence of their students by applying the learning process that related to the mechanical talent and teaching motivation. (3) The next researcher should perform further research on the study program by reviewing other factors that influence the pedagogical competence in machinery.