DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara lingkungan belajar, dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. (Tesis)

Muhamad Syarafuddin

Abstrak


Prestasi belajar yang tinggi merupakan kondisi yang diharapkan oleh setiap siswa. Namun dalam kenyataannya tidak semua siswa mampu memenuhi kondisi yang diharapkan tersebut. Hal ini disebabkan banyak faktor yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain lingkungan belajar, dukungan orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan lingkungan belajar, dukungan orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. (2) Hubungan antara lingkungan belajar, dukungan orangtua, motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. (3) Sumbangan efektif lingkungan belajar, dukungan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penarikan anggota sampel dengan teknik purposive proporsional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 228 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linier multipl. Dengan taraf signifikansi 5% (a=0,05).

Temuan penelitian ini menyatakan hasil-hasil sebagai berikut: (1) kecendrungan lingkungan belajar, dukungan orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur tergolong Cukup Baik. (2) terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa (r=0,150), dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa (r=0,340) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa (r=0,329). Sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap prestasi belajar secara berturut-turut adalah variabel lingkungan belajar mempengaruhi sebesar 12,2% dukungan orang tua berpengaruh 31,1% dan motivasi belajar sebesar 29,3%. (3) hasil analisa hubungan bersama-sama dengan variabel bebas terhadap variabel terikat prestasi belajar menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar, dukungan orang tua dan motivasi belajar. Sumbangan efektif semua variabel bebas lingkungan belajar dukungan orang tua dan motivasi belajar sebesar R=0,460 dan harga F=21,086. Sumbangan variabel bersama-sama sebesar 22,0%.

Berdasarkan temuan di atas disarankan kepada: (1) Guru BK/Konselor Sekolah SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur hendaknya terus mengupayakan perkembangan optimal siswa-siswa dengan terus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan terutama pencapaian prestasi belajarnya; melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan segenap pihak; meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan karena tuntutan kebutuhan siswa akan perkembangan optimal mereka khususnya peningkatan prestasi belajar akan terus meningkat. (2) kepala SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur sebagai penanggungjawab bimbingan dan konseling di sekolah, kepala sekolah hendaknya memfasilitasi untuk terciptanya lingkungan belajar yang kondusif di sekolah dan meningkatkan motivasi belajar siswa; hendaknya memfasilitasi untuk terus terbangunnya dukungan orangtua terhadap anak-anak mereka, karena dukungan orangtua dengan kondisi-kondisi masing-masing mereka paling besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. (3) Kepada guru-guru bidang studi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur diharapkan dapat saling membangun kerjasama dengan guru BK/konselor sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif ketika melakukan pembelajaran di kelas. Untuk peneliti yang akan datang disarankan memperluas sampel penelitian dan juga dalam merancang metode analisis untuk penelitian serupa, sehingga dapat menggambarkan populasi siswa di SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur yang seutuhnya dan selengkap-lengkapnya.

 

Abstract:

The high learning achievement is the primary goal of leaning for the students. However, most students cannot acquire it because of their low abilities. There are some factors caused the problems, such as learning environments, support of parents, and learning motivation.

The results of this research found that (1) the categories of learning environment, support of parents, learning motivation, and learning achievement are on average level; (2) the variables of learning environment, support of parents, and learning motivation significantly affect learning achievement of state senior high school students in East Lombok; and (3) each variable of learning environment, parent supporting, learning motivation significantly affect learning achievement of state senior high school students in East Lombok. This research use descriptive approach qualitative, withdrawal of sample member with sampling random proportional purposive method. This Research sample amount to 228 people. Data collection use document and questionnaire. Analysis method used descriptive analysis, correlation analysis, linear regression multiple analysis. With signification level 5% (α = 0,05).

This research aims at investigating (1) the types of learning environment, support of parents, learning motivation, and learning achievement of state senior high school students in East Lombok; (2) the correlation between learning environments, support of parents, and learning motivation on the learning achievement of state senior high school students in East Lombok, R = 0,469 and significant at p < 0,05; and (3) the significant correlation between each variable of learning environment, support of parents, and learning motivation on the learning achievement of state senior high school students in East Lombok, and significant at p < 0,05.

Based on the results of this research, it is recommended that (1) a school counselor of state senior high school should e optimize psychological development of the students to support their high learning achievement, cooperate with other institutions, and develop his/her ability to maximize the counseling service in facilitating students' continuous development in their learning achievements; (2) There are relation positive meanwhile environment learn with achievement learn student (r=0,150), old fellow support with achievement learn student (r=0,340), learn with achievement learn student (0,329). Contribution each free variable to achievement learn by successively -- environmental variable learn to influence equal to 12,2%, old fellow support have an effect on 31,1% and motivation learn equal to 29,3%.; and (3) Result of relation analysis together -- with free variable to variable tied achievement learn to show the existence of relation which are positive and significant in about environment learn, old fellow support, and motivation learn. Effective contribution all free variable by environment learn, old fellow support and motivation learn equal to R=0,460, and F=21,086 price. Contribution variable together equal to 22%. For the next researcher suggested to escalated their research samples and designing analysis methode for identical research, with the result that represented students populations at senior high school in East Lombok intract and many completed ways.