DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Berpikir Siswa dalam Pematematikaan Horizontal melalui Scaffolding. (Tesis)

Herna Herna

Abstrak


Salah satu masalah mendasar dalam pendidikan di Indonesia adalah masih kurangnya siswa yang dapat memahami konsep matematika dengan baik. Salah satu pendekatan yang menjanjikan dapat mengurangi masalah tersebut adalah realistic mathematics education (RME). Dalam RME dikenal dua pematematikaan yakni, pematematikaan horizontal dan pematematikaan vertikal. Kedua pematematikaan ini sama pentingnya dalam mengkonstruksi konsep matematika, tetapi penelitian ini mengkaji karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal karena akan dilakukan pada siswa SMP.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal. Konsep yang akan dikonstruksi adalah konsep perbandingan informal, karena masalah perbandingan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sesuai untuk penerapan pematematikaan horizontal.

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Palece kab. Polman, Prov. Sulawesi Barat. Subjek penelitian terdiri atas, 2 siswa berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek kelompok tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang yang kemudian disebut subjek kelompok sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah yang kemudian disebut subjek kelompok rendah. Pemilihan subjek juga didasarkan pada kemampuan berkomunikasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode Think Out Loud. Metode analisis data yang digunakan adalah metode perbandingan tetap, dimana karakteristik berpikir dua siswa pada setiap kelompok dibandingkan secara tetap untuk menemukan karakteristik berpikir dari setiap kelompok. Karakteristik berpikir dari setiap kelompok dibandingkan secara tetap untuk menemukan karakteristik berpikir siswa dalam melakukan pematematikaan horizontal masalah perbandingan.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa, dalam pematematikaan horizontal masalah perbandingan, siswa melakukan aktivitas modeling dan intertwining. Aktivitas modeling dilakukan dengan menggunakan kata-kata yakni, menyederhanakan soal dengan memperhatikan gambar, kemudian mengaitkan gambar dan keterangan gambar pada soal sehingga diperoleh model soal realistik yakni berat 2 buah nanas sama dengan berat 10 buah pisang, berat 1 buah nanas sama dengan berat 2 buah pisang dan 1 buah apel, dan berat semua ayam betina yang akan dinaikkan ke sisi kiri timbangan agar timbangan dalam kondisi seimbang adalah 1600 gram. Aktivitas intertwining dilakukan dengan mengaitkan soal realistik dengan model yang diperoleh dari soal untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, siswa mengaitkan situasi dunia nyata dengan konsep matematika, mengaitkan situasi dunia nyata yang satu dengan situasi dunia nyata yang lain, dan mengaitkan konsep matematika yang satu dengan konsep matematika yang lain dalam menjalankan strategi penyelesaian soal.

Dari temuan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan terutama berkaitan dengan: (1) bagaimana karakteristik berpikir siswa dalam melakukan aktivitas pematematikaan horizontal selain aktivitas modeling dan intertwining, misalnya: pengidentifikasian dan perumusan masalah. (2) bagaimana karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal pada masalah yang lain selain masalah perbandingan.  Selain itu, disarankan juga untuk pengelompokan siswa dalam memilih subjek penelitian pada penelitian yang sejenis dengan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes standar atau IQ.

 

Abstract:

One of the basic problems in Indonesia education is there is still lack of student who fully understands the concept of mathematic. One of the promising approaches in dealing with this matter is by realistic mathematics education (RME). Within RME is known two kinds of mathematics, that is horizontal mathematics and vertical mathematics. Both is equally important in constructing mathematical concept, however this study would examine student's thinking characteristic within horizontal mathematic since it will be done toward junior high students.

This research has the objective to describe the student's thinking characteristic in horizontal mathematics. Concept to be constructed is informal comparison concept, since comparison problem usually found in daily matters therefore it is appropriate in conducting horizontal mathematics.

The research conducted in SMPN 3 Palece, Polman-Sulawesi Barat. Subject of the study consist of 2 high-ability student which is termed high group subject, 2 medium-ability students which is termed as low group subject. Subject choosing is based on their communication skill. Data collection is using Think Out Loud method. Data analysis method used in this study is fixed comparison method, where thinking characteristic of 2 students in each group is regularly compared to found out the characteristic contain in each groups. Thinking characteristic of each group is compare regularly to found out about student's thinking characteristic in conducting horizontal mathematics of comparison problematic.

Result of the research has found out that in horizontal mathematics comparison problem, students has performed modeling and intertwining activities. Modeling activity was performed using words, that is simplifying task by paying attention toward the picture, and then relating the picture with picture's information in the task therefore they could gain realistic task model such as the weight of 2 pineapple is equal with the weight of 10 banana, weight of 1 pineapple is equal with 2 banana and an apple, and total weight of chicken put on the left side of the scale in order to gain balance is 1600 gram. Intertwining activity is done by connecting realistic task with model gained from the task to found out about strategy which will be used in completing the task itself. Next, student would connecting real world situation with mathematical concept, connecting real world situation with other real world situation, and connecting one mathematical concept with the others in order to implement task completion strategy.

From the result of this research, it is suggested to conduct advance research particularly related with: (1) What is student's thinking characteristic in conducting horizontal mathematic besides modeling and intertwining activity, such as: identifying and problem formulation. (2) What is student's thinking characteristic in horizontal mathematic other than comparison problem. Besides, it is also suggested in grouping student as subject of the research should be done using standard test or IQ.