DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Struktur Penugasan dan Balikan terhadap Hasil belajar Keterampilan Praktik Kerja Kayu. (Tesis)

Priyono Priyono

Abstrak


Penelitian ini bertujuan melakukan uji empirik untuk mengetahui pengaruh struktur penugasan dan struktur balikan yang dibedakan antara struktur terurai perbagian dan struktur utuh terhadap hasil belajar keterampilan praktik kerja kayu, yang meliputi: (1) kecermatan kerja, (2) kecepatan kerja dan (3) kemampuan aplikasi pada situasi baru.

Rancangan penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian, yaitu 48 mahasiswa Program Diploma-3 Teknik Sipil dan Bangunan - Universitas Negeri Malang dibagi menjadi 4 kelompok yang sepadan, untuk dikenai perlakuan proses pembelajaran berbeda, yaitu: penugasan perbagian-balikan perbagian, penugasan utuh-balikan perbagian, penugasan perbagian-balikan utuh, dan penugasan utuh-balikan utuh. Obyek kajian adalah praktik kerja kayu secara masinal. Skor hasil belajar dianalisis dengan anova, sampel independent.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan struktur penugasan dan struktur balikan dalam proses pembelajaran keterampilan praktik kerja kayu menyebabkan perbedaan pada hasil belajar. Secara lebih terinci data penelitian menunjukkan: (1) Penugasan atau balikan struktur terurai perbagian menghasilkan unjuk kerja praktikan dengan kecermatan kerja lebih tinggi daripada struktur utuh, sebaliknya penugasan atau balikan struktur utuh menghasilkan kecepatan kerja lebih tinggi daripada struktur terurai perbagian. (2) Penugasan struktur utuh menghasilkan kemampuan aplikasi baru lebih tinggi daripada penugasan struktur terurai perbagian. Perbedaan struktur balikan tidak menunjukkan perbedaan kemampuan aplikasi baru secara signifikan. (3) Terjadi interaksi sangat signifikan antara penugasan dan balikan pada hasil belajar aspek kognitif berupa kemampuan aplikasi pada situasi baru. Tidak terjadi interaksi signifikan pada hasil belajar psikomotorik berupa kecermatan dan kecepatan kerja.

Berdasarkan penelitian ini, strategi pembelajaran efektif adalah menyajikan kedua bentuk struktur dalam satu kesatuan pembelajaran, yaitu: struktur utuh pada penugasan, sedang struktur terurai perbagian pada balikan atau sebaliknya struktur terurai perbagian pada penugasan, sedang struktur utuh pada balikan.

          Mengikuti kesimpulan penelitian ini, dikemukakan dua butir saran: Pertama diterapkan pertimbangan antara struktur terurai perbagian dan struktur yang utuh terhadap penugasan dan balikan dalam strategi pembelajaran keterampilan. Kedua adalah diterapkan tinjauan terhadap aspek kemampuan aplikasi pada situasi baru pada proses dan hasil belajar keterampilan.

 

Abstract:

This research is purposed to examine the influence of task and feedback structure, which divided into segmented and whole structure toward learning achievement containing work preciousness, work speed, and application ability in the new situations.

Research design use quasi experiment with 2 x 2 factorials. The research involved 48 students of Diploma-3 Civil Engineering Study Program, The State University of Malang. These students divided into 4 groups for different task and feedback structure: segmented task structure-segmented feedback, whole task structure-segmented feedback, segmented task structure-whole feedback, and whole task structure-whole feedback. The learning task selected in this study is machinery wood working. The research data were analyzed using comparative statistics-analysis of variance for independent samples.

The research findings show that there are significant differences on students' learning achievement caused by different task and feedback structures. More detail analysis show: (1) Segmented task or segmented feedback resulting higher working preciseness than whole task or whole feedback. Meanwhile, whole task or whole feedback resulting higher working speed performance than the segmented task or segmented feedback; (2) Whole task structure resulting higher application ability in new situations than the segmented task structure. However, there is no significant difference on students achievement caused by different of feedback; (3) There no significant interaction between task and feedback toward learning achievement on students' working preciseness and speed. However, there are very significant differences on student's application ability in new situations.

Based on the research findings, the influence of task and feedback structure indicated that the effective strategy is presenting the combination of segmented and whole structure. Presenting whole task structure combined with segmented feedback or presenting segmented task structure combined with whole feedback.

Finally, two recommendations were proposed: first, consideration of whole-segmented structure of task and feedback was applied in the strategy of skill learning, second, inclusion of application ability in new situations aspect in the process and achievement of skills learning.