DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X di SMA Katolik St. Albertus Malang.

Eri Wiharni

Abstrak


RINGKASAN

 

 

Wiharni, Eri. 2018. Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X di SMA Katolik St. Albertus Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

 

Kata kunci: kognitif, kritis, literasi, plantae, UKBM

 

Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat menuntut seseorang untuk mampu berpikir kritis terhadap informasi yang diterima. Kemampuan berpikir kritis seseorang dapat dibelajarkan melalui literasi. Keterampilan literasi sains dan berpikir kritis penting dibelajarkan kepada siswa agar siswa dapat mengevaluasi dan menganalisis suatu informasi sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Kenyataan di lapangan menunjukan hasil berdasar analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Katolik St. Albertus Malang tahun 2017 bahwa keterampilan literasi sains dan berpikir kritis siswa di sekolah masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan tidak melatihkan kedua keterampilan tersebut. Mulai tahun 2017/2018 guru di sekolah dituntut untuk menyusun UKBM. UKBM sebagai bahan ajar yang dirancang sesuai dengan karakteristik siswa sekaligus wahana memberdayakan kecakapan hidup abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar biologi berupa UKBM pada materi kingdom plantae yang valid, praktis dan efektif meningkatkan keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, terdiri atas tahap analisis, desain, develop, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data kelayakan bahan ajar diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi lapangan dengan menggunakan instrumen validasi. Kepraktisan bahan ajar berdasarkan angket tanggapan dari praktisi lapangan dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Keefektifan bahan ajar melalui implementasi pada uji coba kelompok besar dengan kuasi eksperimen menggunakan pretest postest control group design. Data hasil keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif diperoleh dari instrumen pretes dan postes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji Anakova menggunakan program SPSS 22 for windows. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IPA SMA Katolik St. Albertus Malang dengan menggunakan dua kelas yaitu X-A6 sebagai kelas perlakuan dan X-A5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri atas 33 siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa UKBM hasil pengembangan yang telah divalidasi memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 87,15%. Berdasarkan angket tanggapan dari praktisi lapangan diperoleh nilai 98,33 artinya UKBM layak digunakan dan juga praktis digunakan dalam pembelajaran dan dapat dijadikan contoh bagi guru lain. Kepraktisan penggunaan UKBM juga dapat diketahui dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,49% dinyatakan baik telah dilaksanakan sesuai dengan RPP. Berdasarkan uji keefektifan UKBM diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan nilai sig.< 0,05. Hasil uji tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan UKBM berbasis inkuiri terbimbing. Hasil uji statistik juga menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara kelas perlakuan dan kelas kontrol terhadap keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai sig. secara berturut-turut sig. 0,002< 0,05; sig. 0,000< 0,05; sig. 0,000< 0,05. Hasil tersebut menginformasikan bahwa kelas yang menggunakan bahan ajar hasil pengembangan berupa UKBM memiliki keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Jadi bahan ajar biologi hasil pengembangan berupa UKBM pada materi kingdom plantae  efektif meningkatkan keterampilan literasi sains, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.