DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Booklet Penyuluhan Tentang Nata de Blewah Berdasarkan Hasil Penelitian Eksperimen Untuk Para Petani Buah. Tesis.

Bagus Satari

Abstrak


RINGKASAN

 

Satari, Bagus.2018. Pengembangan Booklet Penyuluhan Tentang Nata de Blewah Berdasarkan Hasil Penelitian Eksperimen Untuk Para Petani Buah. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof.Dr.Dra. Utami Sri Hastuti,M.Pd., (II) Dr. Abdul Ghofur, M.Si.

 

Kata kunci : petani buah, buah blewah, booklet, nata de blewah

Hasil analisis kebutuhan menunjukkan tingkat pendidikan petani buah blewah di Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang sebagai berikut : tidak tamat SD (43%), tamat SD (14,3%), tamat SMP (42,8%), tamat SMA (7,1%) dan sarjana (14,3%). Harga buah blewah yang turun saat panen raya merupakan masalah yang dihadapi petani. Tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan petani buah blewah belum dapat menemukan solusi mengatasi masalah turunnya harga blewah. Inovasi yang dilakukan untuk mengatasi masalah turunnya harga dengan mengolah buah blewah menjadi nata. Petani buah blewah tertarik mengenai pengolahan buah blewah menjadi nata sehingga perlu diadakan penyuluhan. Penyuluhan kepada petani menggunakan media penyuluhan yang berupa booklet.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada penelitian eksperimen pembuatan nata dari buah blewah. Hasil penelitian pengembangan adalah produk booklet yang digunakan dalam penyuluhan pembuatan nata de blewah bagi para petani blewah. Langkah-langkah pengembangan booklet merujuk model pengembangan Hannafin & Peck (1998) yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain dan tahap pengembangan atau implementasi. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validasi booklet yang dilakukan oleh ahli materi Mikrobiologi dan ahli media pembelajaran. Tahap implementasi dilakukan pada kelompok kecil petani buah blewah. Pada tahap implementasi dilakukan uji keterbacaan kepada petani buah blewah. Penelitian eksperimen dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor A adalah bagian buah blewah yang dibedakan menjadi A1 : kulit buah dan A2 : daging buah, sedangkan Faktor B adalah jenis gula yaitu B1 : gula pasir, B2 : gula aren dan B3 : gula siwalan. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali.

Hasil validasi menunjukkan bahwa booklet valid dan layak digunakan yang ditunjukkan dari hasil validasi baik oleh ahli materi Mikrobiologi dan ahli Media Pembelajaran. Booklet juga layak digunakan oleh petani buah blewah berdasarkan hasil uji keterbacaan. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan petani dapat membuat nata de blewah dengan baik. Hasil analisis nilai pretes dan postes menunjukkan ada kenaikan yang signifikan nilai postes terhadap pretes, yang menunjukkan bahwa booklet efektif menambah pengetahuan petani dalam pembuatan nata de blewah. Bagian daging buah blewah menghasilkan nata  paling baik dan suplemen gula pasir menghasilkan nata dengan tebal dan berat yang terbaik, sedangkan suplemen gula siwalan menghasilkan nata dengan kadar serat terbaik. Interaksi bagian buah dengan macam gula berpengaruh terhadap tebal dan kadar serat nata de blewah yang dihasilkan. Hasil nata terbaik dibuat dari daging buah blewah dengan suplemen gula pasir.