DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Materi Metabolisme Biologi SMA Dengan Pendekatan Bioinformatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Eka Pujiastuti

Abstrak


RINGKASAN

 

Pujiastuti, E. 2019. Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Materi Metabolisme Biologi SMA Dengan Pendekatan Bioinformatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.arg. Mohamad Amin, S.Pd., M. Si, (II) Dr. Betty Lukiati, M.S.

Kata Kunci: modul, inkuiri terbimbing, bioinformatika, metabolisme, literasi sains, berpikir kreatif, hasil belajar,

 

Pembelajaran aktif menjadikan siswa berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran. Guru sebagai pembimbing hanya memfasilitasi dan membantu siswa mengembangkan kemampuan kecakapan hidup abad 21. Hasil wawancara dengan guru Biologi diperoleh informasi bahwa sumber belajar siswa hanya sebatas LKS yang proses penggunaannya membutuhkan bimbingan dari guru secara penuh, materi kurang kontekstual dan kurang lengkap sehingga pencapaian hasil belajar siswa