DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Agresi Siswa SMK Dalam Persfektif Nilai-Nilai Budaya Bugis-Makassar

DARWIS DARWIS

Abstrak


RINGKASAN

 

Darwis. 2018. Perilaku Agresi Siswa SMK Dalam Persfektif Nilai-Nilai Budaya Bugis-Makassar. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M. Pd., (2) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A. (3) Dr. Moh. Irtadji, M. Si.

 

Kata kunci: agresi, siswa SMK.

Tingginya angka kekerasan dan agresivitas yang terjadi di berbagai sekolah menjadi cacatan penting bagi semua pemangku jabatan untuk menangani gejala ini sesegera mungkin. Pengaruh budaya yang terjadi di dalam masyarakat akan menentukan perilaku dimana seseorang berada. Intensitas agresi yang terjadi pada siswa SMK di Makassar menjadi perhatian yang sangat besar mengingat hal ini telah merusak tatanan pendidikan yang dibangun dengan nilai-nilai peradaban.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku agresi yang terjadi pada siswa SMK di Kota Makassar. Fokus penelitian diarahkan pada tiga inti pokok yaitu (1). Bagaimana nilai-nilai budaya melatarbelakangi terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK (2). Bagaimana bentuk-bentuk kecenderungan perilaku agresi yang terjadi pada siswa SMK dan (3). Apa penyebab terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Rancangan penelitian menggunakan kualitatif etnografi. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMK Negeri di Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Pengecekan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, Transferabilitas, Defandabilitas dan konfirmabilitas.

Temuan penelitian perilaku Agresi Siswa SMK dalam Persfektif Nilai-Nilai Budaya Bugis-Makassar dapat digambarkan sebagai berikut: 1. Nilai-nilai budaya yang melatarbelakangi terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK: (a). Terjadinya penyempitan dan pergeseran makna nilai budaya siri dalam pemahaman siswa sehingga menyebabkan terjadinya perilaku agresi baik fisik maupun verbal pada siswa SMK. (b). Terjadinya penyempitan dan pergeseran makna nilai budaya pacce dalam pemahaman siswa sehingga menyebabkan terjadinya perilaku agresi baik fisik maupun verbal pada siswa SMK. (2) Bentuk-bentuk kecenderungan perilaku agresi yang terjadi pada siswa yaitu agresi fisik langsung maupun agresi fisik tidak langsung, agresi verbal langsung maupun agresi verbal tidak langsung. Agresi fisik yang terjadi pada siswa yaitu tawuran (tindakan agresi yang melibatkan antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya), pengeroyokan (agresi fisik yang terjadi antara kelompok dengan indifidu), Perkelahian (agresi fisik yang terjadi antara indifidu dengan indifidu lainnya), perbuatan merusak (agresi fisik yang dilakukan siswa dalam bentuk perusakan fasilitas), agresi verbal yaitu agresi yang dilakukan siswa baik langsung maupun tidak langsung seperti provokasi, menghina dan megejek. (3) Penyebab terjadinya perilaku agresi dalam penelitian ini ditemukan beberapa faktor yaitu: amarah, rendahnya kontrol diri, teman sebaya, solidaritas, provokasi, gender dan lingkungan sekolah.