DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Alur Belajar Siswa dalam Belajar Matematika

laila rahmawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Rahmawati, Laila. 2019. Analisis Alur Belajar Siswa dalam Belajar Matematika. TesisProgram Studi Magister Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Subanji, M.Si. (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A.

 

Kata Kunci :Analisis, Alur Belajar, Matematika

Setiap siswa mempunyai alur pemikiran yang berbeda-beda tergantung dari pola pikir mereka sendiri. Alur-alur pemikiran yang berbeda ini dapat dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam belajar matematika  dengan cara yang beragam menurut mereka sendiri. Guruharusnya paham betul bagaimana alur belajar siswa tersebut dan membuka pandangan mengenai pembelajaran matematika dengan memandang proses belajarnya terlebih dahulu sehingga akan mengolah dan mengembangan pemikiran kreatif anak dalam belajar matematika. Sehingga peneliti dapat mengembangan beberapa hypothetical learning trajectory (HLT) sebelum meneliti langsung ke lapangan. Berdasarkan hypothetical learning trajectory ini dapat diketahui apakah ada perbandingan dengan actual learning trajectory yang terjadi di lapangan nanti sehingga muncul alur belajar dari siswa yang sesungguhnya.

Penelitianinimenggunakanjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif yang mendeksripsikan alur belajar siswa dalam matematika khususnya materi pecahan. Penelitian dilaksanakan pada kelas V di SDN Keramat Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan dengan mengambil tiga subjek yang mempunyai kemampuan beragam, mulai dari tinggi, sedang dan sedang dengan 12 kali pertemuan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap siswa mempunyai alur belajar yang beragam. Keberagaman alur belajar ini dilihat dari perbandingan actual learning trajecotry siswa dengan hypotetical learning trajectory (HLT) peneliti. Dari keberagaman alur belajar ini pula dapat dilihat keberhasilan dan ketidakberhasilan alur belajar siswanya dalam belajar matematika khususnya pada materi pecahan mulai dari konsep sampai pada pemecahan masalahan. Keberhasilan alur belajar dari Siswa A mencapai 79% dari seluruh aktivitas, Siswa B mencapai 63% dari seluruh aktivitas dan Siswa C mencapai 79% dari seluruh aktivitas. Keberhasilan alur belajar yang dikembangkan ini sebagian besar tidak lepas dari pemahaman konseptual, pemahaman prosedural maupun pemahaman dari keduanya. Dari hasilyang didapatkan, peneliti menjadi yakin bahwa alur belajar dapat berfungsi untuk memberikan petunjuk bagi guru untuk menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. 

 

SUMMARY

 

Rahmawati, Laila. 2019.Analysis of Student Learning Trajectory in Learning Mathematics. Basic Education Masters Study Program. Postgraduate. Malang State Univeristy. Advisor: (I)Dr. Subanji, M.Si. (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A.

 

Keywords: Analysis, Learning Trajectory, Mathematics

Each student has different lines of thought depending on their own mindset. These different lines of thought can be proven by students' ability to learn mathematics in various ways according to their own. The teacher must understand exactly how the student's learning trajectory and open his views on learning mathematics by looking at the learning process first so that it will process and develop children's creative thinking in learning mathematics. So that researchers can develop several hypothetical learning trajectories (HLT) before researching directly into the field. Based on this hypothetical learning trajectory, it can be seen whether there is a comparison with the actual learning trajectory that occurs in the field later so that the learning trajectory emerges from the real students.

This study uses a type of qualitative research with a narrative approach that describes the learning trajectory of students in mathematics, especially fractions. The study was conducted in class V at Keramat SDN BanjarRegency, South Kalimantan Province by taking three subjects who had diverse abilities, ranging from high, medium and moderate with 12 activites.

The results of the study can be concluded that each student has a diverse learning trajectory. The diversity of learning trajectory is seen from the comparison of actual learning trajecotry students with hypotetical learning trajectory (HLT) researchers. From this diversity of learning trajectory, it can also be seen the success and failure of the students' learning paths in learning mathematics, especially in fractions ranging from concepts to problem solving. The success of the learning path of Student A reaches 79% of all activities, Student B reaches 63% of all activities and Student C reaches 79% of all activities. The success of the learning flow developed is largely inseparable from conceptual understanding, procedural understanding and understanding of both. From the results obtained, researchers become convinced that the learning trajectory can function to provide guidance for the teacher to determine and formulate the learning objectives to be achieved.