DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gestur Matematis Guru pada Anak Autis dalam Pembelajaran Matematika

Rizky Nova Damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Damayanti, Rizky Nova. 2019. Gestur Matematis Guru pada Anak Autis dalam Pembelajaran Matematika.Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Subanji, M.Si ; (2) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A.

 

Kata Kunci: Gestur Matematis Guru, Anak Autis, Pembelajaran Matematika.

Gestur merupakan komunikasi nonverbal yang biasa digunakan untuk membantu memahamkan lawan bicara. Gestur matematis merupakan gerakan atau tindakan guru yang berkaitan dengan materi matematika ataupun tugas matematika. Guru dalam pembelajaran matematika tanpa sadar sering memunculkan gestur, sehingga dapat mempermudah anak autis dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan bagaimana gestur matematis guru pada anak autis dalam pembelajaran matematika beserta peranannya.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian naratif. Data penelitian ini berupa hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara peneliti dengan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam kegiatan pembelajaran matematika di kelas (dokumentasi), wawancara dan observasi. Kemudian melakukan analisis mengenai gestur matematis guru pada anak autis dalam pembelajaran matematika.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memunculkan gestur dalam pembelajaran matematika berupa; 1) iconic gestur; 2) metaphoric gestur; 3) deictic gestur. Berdasarkan ketiga gestur tersebut guru dalam pembelajaran matematika lebih sering menggunakan deictic gestur. Adapun peranan dari gestur yang muncul dalam pembelajaran matematika oleh guru yakni; 1) melalui gestur guru dapat mempermudahkan anak dalam memahami materi yang diberikan; 2) munculnya gestur oleh guru dapat menegaskan penjelasan yang diberikan kepada anak autis; 3) melalui gestur guru dapat menarik perhatian anak autis; 4) gestur dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada anak autis dalam pembelajaran matematika di kelas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa gestur matematis guru pada anak autis dalam pembelajaran matematika muncul dengan berbagai variasi gestur. Gestur tersebut termasuk dalam kategori gestur, yakni; 1) iconic gestur; 2) metaphoric gestur; dan 3) deictic gestur. Variasi gestur tersebut sangat membantu guru dalam pembelajaran matematika pada anak autis di kelas, sehingga dapat mempermudah guru menyampaikan materi dan memudahkan anak autis memahami materi pembelajaran matematika dengan baik di kelas serta dapat menarik perhatian anak autis saat pembelajaran matematika. Berdasarkan simpulan tersebut, disarankan hendaknya guru menggunakan gestur sebagai alat yang dapat membantu guru dalam menyampaikan maupun memberikan pemahaman kepada anak autis saat pembelajaran berlangsung.