DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Kombinatorika Berbasis Media Interaktif Pada Siswa Kelas XII SMK

Ana Cholila

Abstrak


ABSTRAK

 

Cholila, Ana. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Kombinatorika Berbasis Media Interaktif Pada Siswa Kelas XII SMK. Tesis, Pendidikan Matematika. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D., (2) Dr. Erry Hidayanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kombinatorika, Media Interaktif

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Masalah yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini, diantaranya: (1) model pembelajaran yang masih terpusat pada guru sehingga menyebabkan pembelajaran kurang bermakna karena siswa tergantung pada informasi yang disampaikan oleh guru, (2) media yang digunakan masih terpusat pada buku teks, (3) perlunya variasi pembelajaran matematika pada materi kombinatorika, (4) membuat media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa agar pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna, dan (5) memfasilitasi guru matematika untuk mengajarkan materi kombinatorika melalui media pembelajaran berbasis media interaktif.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran kombinatorik berbasis media interaktif yang valid, praktis, dan efisien untuk siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang

Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee & Owen (2004). Tahap – tahap pengembangan ini terdiri dari  (1) Analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini, instrument yanga digunakan merupakan instrument yang telah divalidasi oleh dua validator. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis media interaktif materi kombinatorika adalah (1) lembar validasi, (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis media interaktif, (3) angket respons guru, dan (4) angket respons siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan media pembelajaran, RPP, lembar observasi, angket respon guru, dan angket respon siswa oleh kedua validator diperoleh kriteria valid untuk masing-masing instrumen. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari lembar observasi, angket respon guru dan angket respon siswa mendapatkan kriteria praktis. Hasil uji keefektifan yang diperoleh dari hasil uji kompetensi siswa menyatakan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas SKM menunjukkan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka media pembelajaran berbasis media interaktif pada materi kombinatorika dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan untuk referensi variasi sumber belajar bagi siswa dan guru SMK.