DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) SISWA SMA NEGERI 1 PURWOHARJO MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN MOODLE MATERI ALAT OPTIK

Moh Yusuf Thorieq

Abstrak


ABSTRAK

 

Thorieq Moh. Yusuf. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Information and Communication Technologies (ICT) Siswa SMA Negeri 1 Purwoharjo Melalui Pembelajaran Discovery berbantuan Moodle. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wartono, M.Pd., (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, literasi ICT, discovery learning, moodle

Kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT merupakan kemampuan penting. Upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah dengan pembelajaran discovery, karena pembelajaran tersbut merupakan pembelajaran saintifik yang paling dasar sehingga cocok untuk siswa SMA. Kekurangan pada pembelajaran discoveri akan dilengkapi dengan moodle yang dapat membantu siswa dalam menguasai konsep dan mengenalkan siswa pada teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery learning berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional; 2) mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran kovensional; 3) mengetahui bagaimana kemampuan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional.

Penelitian ini menggunakan desain mixed methods dengan jenis explanatory. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 SMA Negeri 1 Purwoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengukuran yang digunaan adalah 5 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, penilaian kinerja untuk mengukur literasi ICT siswa, serta wawancara semi terstruktur. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji manova untuk data kuantitaif dan analisis model aliran untuk data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Hasil ini terlihat dari nilai signifikansi Wilks Lambda = 0,889, F (2, 71) = 4,441, p = 0,015, dengan η 2 = 0,11. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat optik dengan pembelajaran discovery berbantuan moodle lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Tahap-tahap pembelajaran discovery membantu siswa dalam memahami prinsip kerja alat optik. Selain itu, pembelajaran dengan menggunakan moodle membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran, forum diskusi dan latihan soal yang disediakan dalam moodle membantu siswa memperdalam pemahaman terhadap materi. Kemampuan literasi ICT siswa pada kelas dengan pembelajaran discovery berbantuan moodle juga lebih baik jika dibandingkan dengan kelas konvensional. Karena dengan pembelajaran menggunakan moodle siswa disediakan lingkungan belajar yang dekat dengan ICT.

 

ABSTRAK

 

Thorieq Moh. Yusuf. 2018. Problem Solving and Literacy Information and Communication Technologies (ICT) Skills Analysis of Purwoharjo 1 Hight School Students Through Discovery Learning assisted by Moodle. Thesis. Physics Education Study Program, Postgraduate of Malang State University. Mentors: (1) Dr. Wartono, M.Pd., (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: problems solving skill, literasi ICT, discovery learning, moodle

The problems solving and ICT literacy skills is an important ability. Efforts to improve these skills are by discovery learning because discovery is the most basic scientific learning proses so it is suitable for high school students. The disadvantages of discoveri learning will be complemented by moodle which can help students in concepts mastery and introduce students to information and communication technology. The aims of this study were: 1) to know the differences in problem solving and ICT literacy skills of students who were given discovery learning learning assisted by moodle with students who were given conventional learning; 2) knowing how students' problem solving abilities of students who were given discovery learning assisted by moodle with students of students who were given conventional learning; 3) knowing how ICT literacy skills of students who were given discovery learning assisted by moodle with students of students who were given conventional learning.

The research used mixed methods explanatory design. The research sample was the XI MIA 2 and XI MIA 3 students of SMA 1 Purwoharjo in the academic year 2017/2018. The measurement instruments were 5 description questions to measure problem solving skills and performance evaluation to assessing ICT literacy of students, as well as semi-structured interviews. Data analysis to test the hypothesis used in this study were manova for quantitative data and flow model analysis for qualitative data. The results showed that there were significance differences in problem solving abilities and ICT literacy of students who were given discovery learning learning assisted by moodle with students who were given conventional learning. This result can be seen from the significance value of the Wilks lambda = 0,889, F (2, 71) = 4,441, p = 0,015, dengan eta partial = 0,11. Students' problem solving abilities in optical instrument material with discovery learning assisted by moodle are better when compared to conventional learning. The stages of discovery learning help students understand the working principle of optical devices. Even more learning using moodle makes students active and motivated in learning, discussion forums and problem exercises were provided in the moodle help students deeply understanding of optical instrument material. The ICT literacy ability of students in the classroom with discovery learning assisted by moodle is also better when compared to conventional classes. Because learning used moodle would provided students a learning environment that was close to ICT.