DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH STRATEGI LEARNING LOG DALAM MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA DENGAN PENGETAHUAN AWAL BERBEDA PADA MATERI GELOMBANG

Anik Istyowati

Abstrak


RINGKASAN

 

Istyowati, Anik. 2018. Pengaruh Strategi Learning Log dalam Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa dengan Pengetahuan Awal Berbeda pada Materi Gelombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si (2) Dr. Supriyono Koes H, M.Pd., M.A

 

Kata Kunci: learning log, brain based learning, pengetahuan awal, penguasaan   konsep

Salah satu materi Fisika yang dianggap sulit dan bersifat abstrak adalah materi gelombang. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di beberapa SMA di Malang diperoleh 28,89% siswa mengalami kesulitan pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Diperlukan upaya untuk menyelesaikan hal tersebut. Model pembelajaran Brain Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran mengajak siswa untuk aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Learning Log membuat siswa semakin mudah untuk melakukan refleksi diri sehingga dapat memaksimalkan setiap tahapan pada model Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi Learning Log dalam pembelajaran Brain Based Learning terhadap penguasaan konsep Fisika siswa dengan pengetahuan awal berbeda pada materi gelombang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Sampel terdiri dari 144 siswa SMAN 1 Singosari. Kelas eksperimen terdiri dari 72 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 72 siswa. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster sampling terhadap populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan awal dan tes penguasaan konsep. Tes pengetahuan awal terdiri dari 30 soal valid dengan reliabilitas 0,81. Tes penguasaan konsep terdiri dari 28 soal valid dengan reliabilitas 0,85. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur.

Hasil penelitian ini antara lain: 1) terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan strategi Learning Log dalam pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Brain Based Learning, 2) terdapat perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang mempunyai tingkat pengetahuan awal berbeda dan 3) tidak terdapat interaksi antara siswa yang belajar menggunakan strategi Learning Log dalam pembelajaran Brain Based Learning, siswa yang menggunakan pembelajaran Brain Based Learning, dan pengetahuan awal terhadap penguasaan konsep Fisika siswa.