DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Bulutangkis Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Mulawarman Samarinda

Frendy Anang Pratama

Abstrak


RINGKASAN

 

Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran akan menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya dilapangan, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih belum digunakan. Media cetak atau buku merupakan satu-satunya media yang digunakan dalam pembelajaran. Kurang menarik dan cepat rusak membuat media ini kurang efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi yang salah satunya multimedia interaktif dapat menunjang mahasiswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri  karena memiliki karakteristik yang bisa dipelajari dimanapun dan kapanpun.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif untuk pembelajaran bulutangkis bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Mulawarman Samarinda.

Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model rancangan Lee dan Owens. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil produk pengembangan ini adalah: (1) berbentuk multimedia interaktif. (2) menggunakan flash, (3) materi berisi tentang sejarah, teknik dasar, grip, teknik pukulan, sarana-prasarana, perwasitan, strategi permainan, latihan mental, latihan fisik, dan peraturan permainan, (4) video, animasi, efek suara, cahaya, dan gerak semua dengan kualtitas baik.

Hasil dari penelitian untuk uji kelayakan produk yang dilakukan terhadap: (1) uji coba kelompok kecil dengan hasil yaitu aspek kemenarikan diperoleh persentase sebesar 93,06%, aspek kemenarikan diperoleh persentase sebesar 89,96%, dan aspek kejelasan diperoleh persentase sebesar 90,63% dengan total sebesar 90,10%. (2) uji coba kelompok besar dengan hasil yaitu kriteria kemenarikan diperoleh persentase sebesar 91,94%, kriteria kemudahan diperoleh persentase sebesar 91,06%, kriteria kejelasan diperoleh persentase sebesar 90,42% dengan total sebesar 91,15%.

Dari hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bulutangkis. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut, sebagai berikut: (1) sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja, (2) untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di jurusan PJK Universitas Mulawarman Samarinda saja, tetapi di universitas-universitas lain yang mempunyai karakteristik sama.