DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Enhancing Students’ability in writing Analytical Exposition through Problem Based Learning using Herringbone Technique

Istiqomah . .

Abstrak


RINGKASAN

 

Istiqomah, 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menulis Eksposisi Analitik melalui Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Teknik Herringbone. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Penasihat: (1) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd, M.A, (II) Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd.

 

Kata Kunci: menulis penjelasan analitis, Problem Based Learning, Herringbone

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis teks eksposisi analitis kelas kelas SMKS Gajah Mada pada tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini diterapkan dari Agustus hingga Oktober 2018. Siklus pertama terdiri dari empat pertemuan yang sama pada siklus kedua, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa belajar bagaimana melakukan langkah-langkah PBL dan diagram herringbone. Kemudian, di pertemuan berikutnya dengan diskusi kelompok. Dalam pertemuan ketiga, para siswa melakukan penilaian rekan tentang pekerjaan mereka.

Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI TKR 1 SMK Gajah Mada Banyuwangi. Data dikumpulkan dari nilai tulisan siswa dalam tes pos, observasi, daftar periksa, kuesioner, dan catatan lapangan. Data diperoleh dari tes akhir siswa, data ini kemudian dianalisis untuk memutuskan apakah kriteria tersebut tercapai atau tidak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis setelah mereka diajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah menggunakan teknik herringbone. Hasil siswa meningkat dengan  tingkat pengetahuan secara tertulis pada akhir siklus II. Oleh karena itu, penelitian ini dicapai dalam dua siklus adalah keberhasilan karena mencapai kriteria keberhasilan.

Proses penulisan menggunakan strategi PBL yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap, yaitu mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, memilih informasi yang relevan, mengembangkan solusi melalui memeriksa perbedaan pandangan, dan mengambil tindakan strategis.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PBL menggunakan herringbone berhasil meningkatkan nilai menulis siswa dan partisipasi siswa dalam menulis. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa baik dalam proses penulisan dan dalam tes akhir, dan persentase partisipasi siswa dan respon dari siklus 1 ke siklus 2.

Kesimpulan, meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis analitis eksposisi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan teknik herringbone adalah salah satu strategi pengajaran yang sesuai yang secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama dalam menulis penjelasan analitis. Lebih lanjut, peneliti menyarankan guru EFL dapat melakukan penelitian yang sama mengenai penggunaan pembelajaran berbasis masalah dengan keterampilan dan komponen yang berbeda.

RINGKASAN

 

This study aimed to increase the ability in writing analytical exposition text of the grade classroom of SMKS Gajah Mada in the academic year of 2018/2019. This study was applied from August to October, 2018. The first cycle consisted of four meetings the same with in the second cycle; they were planning, implementing, observing, and reflecting. In the first cycle, students learnt how to do the PBL steps and herringbone diagram. Then, it was continued to practice in the next meeting by group discussion. In the third meeting, the students did peer assessment about their work. In the last meeting, the students constructed their writing work based on the experience and knowledge before.

The subjects of this study were 20 students of Grade XI TKR 1 of SMKS Gajah Mada Banyuwangi. The data were collected from the students’ writing scores in final post test, observation, check list, questionnaires, and field notes. The data were obtained from students’ final test.

The result of this study showed the improvement of students’ ability in writing after they were taught through problem based learning using herringbone technique. Students’ result significantly passed the level of knowledge in writing at the end of the cycle 2. Hence, this study accomplished in two cycles was successful as it reached the criterion of success.

The process writing using PBL strategy employed in this study consisted of five stages, namely identifying problem, defining the problem, selecting the relevant information, developing solution through checking the difference of view, and taking strategic action.

The finding of this study indicates that the PBL strategy using herringbone was successful in improving both the students’ writing score and students’ participation in writing. The improvement can be seen from the increase of students’ mean scores both in the writing process and in the final test, and the percentage of students’ participation and respond from cycle 1 to cycle 2.

 

In summary, Enhancing students’ ability in writing analytical exposition through Problem Based Learning using herringbone technique is one of the suitable teaching strategies that significantly increased the students’ writing ability especially in writing analytical exposition. Further, the researcher suggested EFL teachers to conduct similar study on different language skill and component.