DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Kejuruan

teddy yudhistira nugraha

Abstrak


RINGKASAN

 

Nugraha, Teddy Yudhistira. 2018. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning di SMK. Tesis. Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd (2) Dr. Supriyadi, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Blended Learning.

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah kejuruan yang ada di Situbondo menggunakan pola pembelajaran konvensional atau hanya terkonsentrasi pada tatap muka saja dengan pendidik sebagai satu-satunya sumber informasi belajar peserta didik. Pola belajar konvensional harus di ubah dengan pola belajar yang terkini. Pembelajaran blended learning adalah pola belajar terkini yang sesuai dengan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan mengoptimalkan buku ajar sebagai penunjang pembelajaran tatap muka, multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan menggunakan google classroom untuk pembelajaran online.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis Blended Learning.

Metode yang digunakan adalah rancangan penelitian dan pengembangan milik Wasis D Dwiyogo (2016). Menggunakan subjek 30 siswa untuk observasi kebutuhan, 15 orang untuk uji coba kelompok kecil, 100 orang untuk uji coba kelompok besar, 3 orang ahli validasi produk adalah ahli pembelajaran, ahli materi dan ahli media, kemudian di uji efektifitasnya. Pengambilan sampel mengunakan purposive sampling.

Hasil penelitian dan pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk penunjang pembelajaran tatap muka, multimedia interaktif menggunakan software Autoplay edition 8 yang berisi pengantar, profil, materi sepakbola, bola basket, bola volley, lari sprint, lompat jauh, lempar cakram, push up, sit up, back up, pull up, vertical jump, bulutangkis, pencak silat, senam lantai, senam ritmik, budaya hidup sehat dan renang dengan 4 gaya, flipbook, quiz creator, link langsung pada google classroom maupun google form bila ada jaringan internet.

Penelitian dan pengembangan ini efektif dengan membandingkan hasil belajar berupa nilai pembelajaran berbasis blended diperoleh nilai rata-rata 85.11 lebih baik dari pembelajaran tatap muka dengan rata-rata 48.16 dengan nilai ketuntasan belajar adalah 70.00 di 9 materi yang di ujikan, efisien karena Blended Learning memiliki waktu rata-rata 15.78 menit yang artinya lebih cepat dari pembelajaran konvensional yaitu 42.22 menit untuk menyelesaikan soal latihan dengan nilai ketuntasan 70.00, produk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis Blended Learning berupa buku ajar, pembelajaran Offline (multimedia interaktif) dan pembelajaran Online (google classroom) lebih menarik dengan angka rata-rata kemenarikan adalah 90.58%.