DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Menyelesaikan Siswa yanng Belajar dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Inkuiri disertai Balikan Formatif pada Materi Medan Magnet di SMA Islam NU Pujon

Ninik Munfarikha

Abstrak


RINGKASAN

 

Munfarikha, Ninik. 2018. Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Menyelesaikan Siswa yanng Belajar dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Inkuiri disertai Balikan Formatif pada Materi Medan Magnet. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Dr. Siti Zulaikah, M.Si.

 

Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Keterampilan Menyelesaikan Masalah, Kolaboratif Inkuiri, Balikan Formatif

Pembelajaran Abad 21 harus menciptakan masyarakat kreatif dan solutif. Sehingga, masyarakat dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 diantaranya, penguasaan konsep, keterampilan menyelesaikan masalah, dan berkolaborasi. Beberapa hal tersebut merupakan bekal yang harus dimiliki siswa didunia kerja. Kurikulum 2013 menuntut semua mata pelajaran  mampu memfasilitasi siswa memiliki kompetensi tersebut, salah satunya adalah pelajaran fisika. Konsep-konsep fisika akan membantu siswa menemukan solusi akan masalah fisis yang  ada disekitar mereka. Akan tetapi, fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa karena dianggap penuh simbol matematis khususnya pada materi medan magnet. Pembelajaran berbasis penyelidikan secara berkelompok disertai balikan formatif selama pembelajaran merupakan solusi yang tepat untuk memperbaiki konsep dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata serta membiasakan siswa untuk bekerja secara berkelompok untuk itu, perlu dilakukan analisis penguasaan konsep dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi medan magnet.

Penelitian mixed method ini menggunakan follow-up explanation model. Data kuantitatif berupa nilai kognitif pre-test yang diambil sebelum pembelajaran dan post-test yang diambil setelah pembelajaran. Selanjutnya, data kuantitatif dianalisis menggunakan uji spss. Data kualitiatif berupa hasil wawancara terstruktur setelah post-test. Hasil wawancara tersebut ditampilkan dalam bentuk coding dimana, pengcodingan tersebut digunakan untuk mendukung hasil temuan kuantittatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, silabus, soal penguasaan konsep, soal keterampilan menyelesaikan masalah dan laman e-learning yang dapat diakses secara mandiri diluar jam pembelajaran di smailon.ip-dynamic.com

Penguasaan konsep siswa pada saat pre-test sebesar 33 poin dan nilai rata-rata post-test siswa sebesar 54 poin untuk skala 100 poin. Hasil uji wilcoxon didapatkan 0,00 menunjukkan ada beda nilai kognitif keterampilan menyelesaikan masalah pre-test dan post-test. Nilai effect size sebesar 4,48 kategori kuat dan n-gain sebesar 0,9 termasuk

dalam kategori tinggi.

 

SUMMARY

 

Munfarikha, Ninik. 2018. Analysis Mastery of Concept and Problem Solving Skill’s Students who Learn with Collaborative Inquiry Accompined by Formative Feedback in Magnetic Field at Islamic Senior High School NU Pujon Thesis, Departement of Physics Education, Postgraduate Programe, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Dr. Siti Zulaikah, M.Si.

 

Kata Kunci: Mastery of Concept, Problem Solving Skill, Collaborative Inquiry Model, Formative Feedback

21st Century Learning must create a creative and solution society. So, people are required to have 21st century skills including mastery of concepts, problem solving skills, and collaboration. Some of these things are provisions that students must have in the world of work. 2013 curriculum requires all subjects to be able to facilitate students to have these competencies, one of which is physics. Physics concepts will help students find solutions to physical problems around them. However, physics is a subject that is considered difficult by students because it is considered full of mathematical symbols, especially in magnetic field material. Group-based inquiry learning with formative feedback during learning is the right solution to improve students 'concepts, students' skills in solving real problems and familiarize students to work in groups. For this reason, it is necessary to analyze the mastery of concepts and students' skills in solving problems in magnetic field material.

This mixed method study uses explanatory follow-up design. Quantitative data in the form of cognitive values pre-test taken before learning and post-tests taken after learning. Furthermore, quantitative data were analyzed using the SPSS test. Qualitative data in the form of structured interview results after the post-test. The results of the interviews are displayed in the form of coding wherein the coding is used to support the quantitative findings. The instruments in this study were in the form of RPP, syllabus, mastery of concepts, problem solving skills and e-learning pages that can be accessed independently outside the learning hours at smailon.ip-dynamic.com

Mastery of students 'concepts during the pre-test was 33 points and students' post-test scores were 54 points for a scale of 100 points. The Wilcoxon test results were obtained 0.00