DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhStrategi Thinking mapdalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Materi Impuls dan Momentum

Devis Yusofa

Abstrak


RINGKASAN

 

Yusofa, Devis. 2018. PengaruhStrategi Thinking mapdalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Materi Impuls dan Momentum: (1) Dr Lia Yuliati, M.Pd (2) Dr. Muhardjito., M.S

 

Kata Kunci:Thinking map,Pembelajaran Berbasis Masalah, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah

Impuls dan momentum merupakan materi yang masih dianggap sulit.Kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada materi impuls dan momentum.Diperlukan strategi yang membantu pembelajaran siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut. Menggunakan strategi thinking map dalam Pembelajaran Berbasis Masalah akan membantu siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi thinking mapdalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep.

Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Sampelterbagi menjadi 3 kelas perlakuanyaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Kelas eksperimen 1 menggunakan strategi Thinking mapdalam pembelajaran berbasis masalah, kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Penentuan ketiga kelas menggunakan teknik cluster sampling sampling dari populasi sebanyak7 kelas di SMAN 1 Singosari. Analisis data penelitian ini menggunakan MANOVA satu jalur.

 

Hasil yang diperoleh pada penelitian iniyaitu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalahdan penguasaan konseppadasiswa yang belajar menggunakanstrategi thinking mapdalam pembelajaran berbasis masalah, siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi thinking mapdalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan terdapat pengaruh strategi thinking map dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep siswa. Pengaruh thinking map dalam pembelajaran berbasis masalah dapat dilihat dari hasil analisis data pendukung thinking map yang menunjukkan bahwa  thinking map mempunyai pengaruh dalam pembelajaran berbasis masalah.