DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas IV di SDN Sukoharjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. (Tesis)

Yuyun Dwi Yuliana

Abstrak


Pecahan merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pemahaman terhadap konsep pecahan ini oleh siswa kelas IV SDN Sukoharjo masih tergolong rendah. Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan ini antara lain disebabkan karena pembelajaran yang yang biasanyaditerapkan tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Guru memberikan penjelasan secara langsung tentang materi, memberikan contoh-contoh soal dan soal latihan, sehingga siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural. Selain itu siswa juga tidak diberi kesempatan untuk menerapkan konsep pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membantu siswa menemukan sendiri konsep pecahan berdasarkan pengalaman dan realitas yang dimiliki.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan rancangan pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, (3) Mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan rancangan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, dan (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir siswa, hasil pengamatan kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa, serta hasil wawancara dengan siswa.

Langkah-langkah pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dihasilkan dalam penelitian ini terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) memberikan dan memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah kontekstual dengan bantuan benda-benda konkret, (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan (4) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan pengalaman siswa dan penggunaan benda-benda konkret dapat membangun pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) diperlukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan RME tidak menyimpang, (2) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan RME guru hendaknya berperan sebagai fasilitator dan mediator, (3) Dalam kegiatan pembelajaran disarankan untuk membiasakan siswa dalam kegiatan belajar adalah dengan cara belajar kelompok, (4) guru harus menjelaskan tugas dari masing-masing anggota kelompok, dan (5) guru hendaknya memperhatikan pengelolaan waktu.

Abstract:

Fraction is one of important materials in mathematics and they are frequently use in daily activity. However, understanding in this fraction concepts on fourth grade students of SDN Sukoharjo is still low. It is caused the instruction used is not give opportunity to the students to construct their knowledge. The teacher directly gave explanation the materials, gave the examples and followed by exercises, so the students memorize the materials only and accomplish the task systematically. Beside that, the students were not given opportunity to apply the fraction concept in their daily activity. Thus, it is necessary to establish a instructions condition which can help students find out the fractional number concept based on the students' own experience and realistic. One of the approaches in mathematics instructions which start the lesson by providing problems within the students' experience and level of knowledge is called Realistic Mathematics Education.

The research objectives are: (1) describing the instructions design through Realistic Mathematics Education (RME) that use to improve the concept undersatnding of fraction on the fourth grade students of SDN Sukoharjo academic year 2009/2010, (2) describing the action of instructions design through Realistic Mathematics Education (RME) that use to improve the concept undersatnding of fraction on the fourth grade students of SDN Sukoharjo academic year 2009/2010, (3) describing the result from the action of instructions design through Realistic Mathematics Education (RME) that use to improve the concept understanding of fraction on the fourth grade students of SDN Sukoharjo academic year 2009/2010, and (4) describing the responses of the students toward the Realistic Mathematics Education (RME) in the fraction.

In order to achieve the objectives, the researcher of the research used design a classroom action research which was carried out at SDN Sukoharjo fourth grade students'. This research was conducted in three cycles. Each cycle consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. The data were obtained from the pre-test and post test, the observation on the teacher's ways in teaching and the students' learning, and the interview result on the students.

The steps in conducting the mathematics inctructions through Realistic Mathematics Education (RME) approach are: (1) giving contextual problems, (2) understanding the contextual problems, (3) solving the contextual problems with the concrete object, (4) discussing the answer, and (5) making the summary. The results of this research showed that by conducting the activities based on the students' experience and using the concrete object can build the concept understanding of fraction of the fourth grade students at SDN Sukoharjo.

Based on the results, suggested to following points: (1) it is necessary to socialize further in the school so in the application of intructional using RME approach is not refract, (2) in the learning activities using RME approach teacher as facilitator and mediator, (3) in the learning activities is suggested to create the habit for the students to learn in group work, (4) the teacher must explain the duty for each the members of group, (5) the teacher must give pay attention in time manage.