DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Unggulan (Studi Multi Kasus di TK Anak Saleh dan BA Restu I di Kota Malang). (Tesis)

Misbakhul Arifin

Abstrak


Kepemimpinan kepala sekolah adalah segala usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan seluruh staf sekolah dan masyarakat agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka merencanakan dan melaksanakan program-program sekolah untuk meningkatkan dan mencapai prestasi. Sehingga perlu dikaji dan diadakan penelitian (research), tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan khususnya di Taman Kanak-Kanak.

Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (explanatory) prestasi yang telah diraih oleh sekolah unggulan, termasuk didalamnya mendeskripsikan sumber-sumber pendukung yang dimanfaatkan untuk mencapai prestasi. Kedua, mendeskripsikan dan menjelaskan kiat kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan di Taman Kanak-Kanak Anak Saleh Malang dan BA Restu I Malang.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi multi kasus dengan model microetnografi, karena penelitian ini mempunyai latar subjek pada suatu tempat kejadian. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap : Pertama, orientasi; kedua, tahap pengumpulan data (lapangan) atau tahap eksplorasi; dan ketiga, tahap analisis dan penafsiran data. Obyek penelitian yaitu : TK Anak Saleh Malang dan BA Restu I Malang.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari segi kualitas prestasi yang diraih TK Anak Saleh Malang relatif lebih baik dibandingkan dengan BA Restu I Malang, khususnya dari segi skala kejuaraan. Tetapi, dari segi kuantitas, kejuaraan BA Restu I Malang relatif lebih baik dibandingkan dengan TK Anak Saleh Malang.

Dalam meraih prestasi, kepala sekolah BA Restu I Malang menggunakan kiat kepemimpinan antara lain : bersikap adil, memberikan sugesti, mendukung tercapainya tujuan, katalisator, menciptakan rasa aman, sebagai wakil organisasi, sumber inspirasi dan bersikap menghargai. Sedangkan Kepala Sekolah TK Anak Saleh Malang menggunakan kiat kepemimpinan : bersikap adil, memberikan sugesti, mendukung tercapainya tujuan, katalisator, menciptakan rasa aman, sebagai wakil organisasi, sumber inspirasi, bersikap menghargai, rendah hati dan spiritual transendental.

Abstract:

The school principal leadership is the effort of school principal to influence, push, guide, direct and generate all the school staff and society to be able to work effectively. The works are planning doing school program to reach the achievement. Thus, it is necessary for us to learn and have a research about the leadership of school principal in developing excellence school achievement specially in nursery school. The research purposes are first, to describe and explain the achievement have been reach by excellence school including proponent resources utilized to reach the goal. Second, describe and explain the tricts of school principal to develop excellence school achievement in TK Anak Saleh and BA Restu I in Malang city.

The method of the research is multi cases study and micro ethnography model, because of the research has got subject background in an event place. the research is held in three step. (1) orientation, (2) collecting data (field) or exploration, (3) analyzing and prediction of data. The object of research is that, TK Anak Saleh Malang and BA Restu I Malang.

The result of this research shows that the achievement of TK Anak Saleh Malang and BA Restu I Malang is better than especially in championship in the field of quantity. However, the championship BA Restu I Malang is better than TK Anak Saleh Malang.

In order to reach the achievement, School principal of BA Restu I Malang employed leadership trick such as fairness, suggesting, supplying objective, catalyzing, providing security, and praising. Meanwhile, school principal of TK Anak Saleh Malang employed trick such as fairness, suggesting, supplying objective, catalyzing, providing security, organization representativeness, inspiring, praising, humility and transcendent spirituality.