DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Pemahaman Tentang Faktorisasi Suku Aljabar dengan Menggunakan Bahan Manipulatif Potongan Kertas Bufalo di Kelas VIII Semester I SMP PGRI 4 Malang. (Tesis)

Alfiani Athma Putri Rosyadi

Abstrak


Dari beberapa fakta menunjukkan bahwa hasil belajar matematika di sekolah belum meningkat secara signifikan. Dalam koran harian Jawa Pos pada kamis, 18 Juni 2009 menyebutkan bahwa hasil pencapaian siswa kita secara umum sangat memprihatinkan sebagaimana terlihat dari hasil ujian nasional dan terus terpuruknya Indonesia di posisi papan bawah dalam berbagai tes berstandar internasional (international standardized test) yang pernah diikuti. Menyikapi fakta yang muncul tersebut, banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa antara lain: kurikulum yang padat, materi yang sulit untuk diikuti, media pembelajaran yang kurang efektif, metode pengajaran yang tradisional dan evaluasi yang kurang baik.

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dan algoritma dalam aljabar karena mereka tidak bisa melihatnya secara real. Bahan manipulatif sebagai salah satu media penghubung antara dunia ide dan dunia nyata. Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Dalam suatu proses belajar mengajar, sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk memanipulasi benda-benda agar dapat melihat langsung bagaimana keteraturan dan pola struktur yang terdapat dalam benda yang sedang diperhatikannya

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang faktorisasi suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo di kelas VIII semester I SMP PGRI 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tindakan. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Malang yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari: a) hasil pekerjaan siswa secara tertulis, b) hasil wawancara, c) hasil observasi, dan d) hasil catatan lapangan.

Langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal, terdiri dari mengingatkan materi sebelumnya, menjelaskan materi pokok dan indikator yang akan dicapai pada pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa, kegiatan inti yang terdiri dari: a) langkah permainan bebas dan penelaahan sifat bersama, b) penelaahan sifat bersama dan representasi, c) representasi dan penyimbolan serta c) pemformalan. Kegiatan akhir terdiri dari tanya jawab untuk mengecek pemahaman siswa dan pemberian tugas rumah.

Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil tes belajar dan aktivitas siswa. Hasil tes belajar menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,19. Sedangkan banyaknya siswa tuntas juga naik sebesar 10,81%. Hasil pengamatan observer terhadap aktivitas siswa terjadi peningkatan terhadap aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,27%.

Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain: a) bahan manipulatif yang digunakan dalam pembelajaran faktorisasi suku aljabar sebaiknya digunakan bahan yang lebih tebal, tahan lama dan mempunyai ukuran yang sesuai sehingga siswa tidak kesulitan dan tepat dalam menyusunnya, b) pembelajaran faktorisasi suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga sebagai masukan untuk pembelajaran berikutnya sebaiknya guru dapat mengatur waktu dengan baik dan c) pada saat siswa melakukan diskusi kelompok, guru dapat menyusun tempat duduk di kelas dengan bentuk yang bervariasi misalnya bangku disusun membentuk lingkaran kecil. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses diskusi siswa dan memudahkan guru untuk melakukan bimbingan.
Abstract:

From some fact indicate that result learn mathematics in school not yet mounted by signifikan. In daily newspaper of Java Post at, 18 June 2009 mentioning that result of attainment of our student in general very concerning as seen from result of national test and continue its Indonesia in board position under in so many tes have test standardized international what have been followed. Fact attitude which emerge, many factor becoming low cause of result of learning student mathematics for example: solid curriculum, items which difficult to follow, less effective study media, traditional instruction method and unfavourable evaluation.

Many student find difficulties in comprehending abstraction concept and algorithm in algebra because they cannot see it by real. materials of Manipulatif as one of the link media between idea world and real world. Dienes tell that every principle or concept in presented mathematics in the form of which is concret will be able to comprehend better. In a process learn to teach, child better given by opportunity for the manipulation of objects so that earning direct vision how structure pattern and regularity which there are in object which is paying attention.

This research aim to to yield stages steps study of which can improve the understanding of student about algebra tribe factorisation by using materials of manipulative paper cutting of bufalo in class of VIII semester I SMP PGRI 4 Malang. This Type Research is Research Of Action Class ( PTK). This Research consist of two cycle and each cycle consist of four action. Source of data which which is used in this research is all class student of VIII SMP PGRI 4 Malang following activity of study. collected data for example coming from: a) result of work of student in writing, b) result of interview, c) result of observation, and d) result of field note.

Steps study of which can improve the understanding of student which consist of three activity, that is activity early, activity of final activity and core. Activity early, consisting of to remind previous items, explaining direct material and indicator to reach by study and give motivation to student, activity of core which consist of: a) do free game step and observation is nature of with, b) observation is nature of with and representation, c) symbol and representation and also formal c). Final activity consist of question and answer to check the understanding of student and giving of house duty.

Make-Up of the understanding of student can be seen from result of test learn and student activity. Result of test learn to show happened the make-up of from cycle of I to cycle of II equal to 2,19. While to the number of complete student also go up equal to 10,81%. Result of perception of observer to student activity happened the make-up of to student activity of cycle of I to cycle of II equal to 16,27%.

Suggestion able to be told for to next study for example: a) materials of manipulative which is used in study of algebra tribe factorisation better be used by thicker materials, durable and have appropriate size measure so that difficulty student do not and precisely in compiling it, b) study of algebra tribe factorisation by using materials of manipulative paper cutting of bufalo require sufficient time, so that as input for to next study better learn can lead the time better and c) at the time of student do group discussion, teacher can compile seat in class with form which vary for example bench compiled to form small circle. This matter is done to facilitate student discussion process and facilitate teacher to do tuition.