DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, and Engage in Behavior) dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bioetika, Keputusan Etik, dan Sikap Etis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM

Atok Miftachul Hudha

Abstrak


RINGKASAN

Hudha, Atok Miftachul. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, and Engage in Behavior), dan Pengaruhnya TerhadapPeningkatkan Pengetahuan Bioetika, Pengambilan Keputusan Etis, dan Sikap  Etis Mahasiswa Prodi  Pendidikan Biologi FKIP Universitas  Muhammadiyah Malang. Disertasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin, M.Si., (II) Prof. Sutiman Bambang Sumitro, SU., DSc., (III) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd.

Kata Kunci: OIDDE, bioetika, pengetahuan bioetika, keputusan etis, sikap etis.

 

Kehidupan abad 21 sangat membutuhkan sumberdaya manusai yang mampu berperilaku etis, dan pembentukan karakter berperilaku etis lebih banyak dilakukan melalui budaya sekolah dan budaya kampus, belum melalui pembelajran di kelas.Hal ini akibat belum ditemukannya model pembelajaran dan sintaksnya yang mampu meningkatkan pengetahuan etika kehidupan atau bioetika, dan kemampuan mengambil keputusan etis untuk mendorong terbentuknya sikap dan berperilaku etis.Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran untuk pembelajaran bioetika yang diintegrasikan pada mata kuliah zoologi guna meningkatkan pengetahuan bioetika, keputusan etis, dan sikap etis pada mahasiswa calon guru biologi.

Penelitian ini dilakukan melalui penelitian dan pengembangan dengan dua tahap, yaitu, pertama pengembangan produk menggunakan model penelitian Plomp yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Preliminary Investigation; (2) Design; (3) Realization/Construction; (4) Tes, Evaluation, and Revision: (5) Implementation. Kedua, penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-postest non-equivalen control group design. Populasi penelitian ini mahasiswa semester II program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang angkatan tahun 2016/2017 yang menempuh mata kuliah zoologi.Penentuan sampel dengan teknik random menghasilkan semester II_A sebanyak 37 mahasiswa menjadi kelas eksperimen, dan semester II-Bsebanyak 39 mahasiswa menjadi kelas kontrol.. Analisis data pengetahuan bioetika, dan kemampuan pengambilan keputusan etis dengan analisiskovarian (anakova), dan analisis data sikap etis dengan analisis varian (anava).Analisis data dibantu dengan program analisis statistic SPSS 22.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Model pembelajaran OIDDE dan seluruh perangkat pembelajarannya, serta instrumen-instrumen pendukung model dinyatakan layak (valid) oleh para validator; (2) Hasil uji kepraktisan pada kelas eksperimen menunjukkan terpenuhinya keterlaksanaan model dan sesuai kriteria; (3) Hasil uji keefektifan model menunjukkan, bahwa model pembelajaran OIDDE berpengaruh signifikan terhadap pencapaian peningkatan pengetahuan bioetika, kemampuan pengambilan keputusan etis, dan sikap etis mahasiswa calon guru biologi.Model pembelajaran OIDDE direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran yang sesuai pada pendidikan dasar, menengah, dan PT.