DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Pemahaman tentang Faktorisasi Suku Aljabar dengan Menggunakan Bahan Manipulatif Potongan Kertas Bufalo di Kelas VIII Semester I SMP PGRI 4 Malang

alfiani athma putri rosyadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosyadi, Alfiani Athma Putri. 2009. Meningkatkan Pemahaman Tentang  Faktorisasi Suku Aljabar dengan Menggunakan Bahan Manipulatif Potongan Kertas Bufalo di Kelas VIII Semester I SMP PGRI 4 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs.Gatot Muhsetyo, M.Sc, (II) Dr. Subanji. S.Pd, M.Si.

Kata kunci : Pemahaman, manipulatif, faktorisasi suku aljabar.

 

Dari beberapa fakta menunjukkan bahwa hasil belajar matematika di sekolah belum  meningkat secara signifikan. Dalam koran harian Jawa Pos pada kamis, 18 Juni 2009 menyebutkan bahwa hasil pencapaian siswa  kita secara umum sangat memprihatinkan sebagaimana terlihat dari hasil ujian nasional dan terus terpuruknya Indonesia di posisi papan bawah dalam berbagai tes berstandar internasional (international standardized test) yang pernah diikuti. Menyikapi fakta yang muncul tersebut, banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar matematika  siswa  antara lain: kurikulum yang padat, materi yang sulit untuk diikuti, media pembelajaran yang kurang efektif, metode pengajaran yang tradisional dan evaluasi yang kurang baik.

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dan algoritma dalam aljabar karena mereka tidak bisa melihatnya secara real. Bahan manipulatif sebagai salah satu media penghubung antara dunia ide dan dunia nyata. Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Dalam suatu proses belajar mengajar, sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk memanipulasi benda-benda agar dapat melihat langsung bagaimana keteraturan dan pola struktur yang terdapat dalam benda yang sedang diperhatikannya

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan langkah-langkah pembelajaran  yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang faktorisasi suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo di kelas VIII semester I SMP PGRI 4 Malang.  Jenis penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tindakan. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Malang yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari: a) hasil pekerjaan siswa secara tertulis, b) hasil wawancara, c) hasil observasi,  dan d) hasil catatan lapangan.

Langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal,  terdiri dari mengingatkan materi sebelumnya, menjelaskan materi pokok dan indikator yang akan dicapai pada pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa, kegiatan inti yang terdiri dari: a) langkah permainan bebas dan penelaahan sifat bersama, b) penelaahan sifat bersama dan representasi, c) representasi dan penyimbolan serta c) pemformalan. Kegiatan akhir  terdiri dari tanya jawab untuk mengecek pemahaman siswa dan pemberian tugas rumah.

Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil tes belajar dan aktivitas siswa. Hasil tes belajar menunjukkan terjadi  peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,19. Sedangkan banyaknya siswa tuntas juga naik sebesar  10,81%. Hasil pengamatan observer terhadap aktivitas siswa terjadi peningkatan terhadap aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,27%.

Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain: a) bahan manipulatif yang digunakan dalam pembelajaran faktorisasi suku aljabar sebaiknya digunakan bahan yang lebih tebal, tahan lama dan mempunyai ukuran yang sesuai sehingga siswa tidak kesulitan dan tepat dalam menyusunnya, b) pembelajaran faktorisasi suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga sebagai masukan untuk pembelajaran berikutnya sebaiknya guru dapat mengatur waktu dengan baik dan c) pada saat siswa melakukan diskusi kelompok, guru dapat menyusun tempat duduk di kelas dengan bentuk yang bervariasi misalnya bangku disusun membentuk lingkaran kecil. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses diskusi siswa dan memudahkan guru untuk melakukan bimbingan.