DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

kemanjuran konseling dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di smpn 13 malang

nina permata sari

Abstrak


Abstraksi : Self-efficacy merupakan salah satu komponen yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa khususnya mata pelajaran matematika. Melalui teknik self-instruction konselor dapat membantu konseli meningkatkan self-efficacy dengan menguji ulang keyakinan siswa dengan teknik persuasi verbal dan aktivitas yang diberikan secara berulang-ulang sampai siswa mampu melakukannya untuk diri mereka sendiri. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan pretest, middle test & postest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemanjuran teknik konseling self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa SMP pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa (16 kelompok eksperimen dan 16 kelompok kontrol) yang diambil secara acak dari populasi sebesar 294 siswa yang tersebar ke dalam 8 kelas paralel. Hasil penelitian menggunakan uji ANOVA yang menunjukkan (1) pada saat middle test cenderung lebih berpengaruh besar dalam meningkatkan self-efficacy siswa daripada saat post test (karena r square saat middle test (20.8%) > saat post test (16.3%)), namun saat post test masih lebih berpengaruh nyata dalam meningkatkan skor self-efficacy siswa SMP daripada saat pre test.  (2) pada perlakuan pretest, middle test & postest nilai F hitung = 9,086 dengan P = 0,003 < α 0,05. Dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa SMP pada mata pelajaran matematika antara pada saat pretest, middle test & postest. Pada variabel kelompok kontrol dan eksperimen, nilai F hitung = 5,213 dengan P = 0,007 < α 0,05. Dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa SMP terkait mata pelajaran matematika antara kelompok kontrol dan eksperimen.