DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Mediated Instruction And Intervention Tipe Reverse Role Tutoring dan Kemampuan Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sukorejo Pasuruan. (Tesis)

Yus Setriarini

Abstrak


Selama ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan adalah seperangkat fakta-fakta yang harus dihafalkan oleh peserta didik. Akibatnya peserta didik masih menunjukkan cara-cara menghapal untuk menguasai pelajaran. Potensi yang dimiliki peserta didik dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif. Kemampuan akademik peserta didik yang bervariasi mulai dari kemampuan akademik bawah sampai dengan kemampuan akademik atas akan menunjang strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran. Ketika peserta didik aktif, berarti mereka mendominasi aktivitas pembelajaran dan peserta didik secara aktif telah menggunakan kemampuan berpikirnya. Strategi pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe reverse role tutoring memfasilitasi peserta didik agar lebih mudah memahami materi pelajaran dan akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitifnya.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo, (2) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri I Sukorejo, (3) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri I Sukorejo, (4) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri I Sukorejo, (5) mengetahui pengaruh interaksi penerapan strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri I Sukorejo, (6) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri I Sukorejo.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah "rancangan eksperimen semu" untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol di samping kelompok eksperimen. Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah rancangan Pretes-Posttest Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian yaitu 2 kelas yang masing-masing terdiri atas 40 peserta didik. Penelitian ini menggunakan tes dan angket sebagai instrument dalam pengumpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran   PMII Tipe reverse role tutoring memiliki selisih nilai lebih tinggi yaitu 12.89 dari strategi tradisional, (2) ada ada pengaruh strategi pembelajaran.PMII..Tipe reverse role tutoring terhadap hasil belajar kognitif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran    PMII memiliki selisih nilai lebih tinggi yaitu 12.22 dari startegi tradisional, (3) tidak ada pengaruh yang signifikan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, (4) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa kemampuan akademik atas memiliki selisih nilai lebih tinggi yaitu 10.46 dari kemampuan akademik bawah, (5) tidak ada pengaruh yang signifikan interaksi strategi pembelajaran PMII Tipe reverse role tutoring dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, (6) tidak ada pengaruh yang signifikan interaksi strategi pembelajaran.PMII Tipe reverse role tutoring dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif, (7) respons peserta didik terhadap strategi pembelajaran.PMII Tipe reverse role tutoring termasuk dalam kategori baik.

Bertolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat diajukan antara lain: 1) bagi peserta didik, penerapan strategi pembelajaran PMII Tipe RRT mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, membantu meningkatkan respons positif dalam proses pembelajaran dan yang tidak kalah pentingnya strategi pembelajaran PMII Tipe RRT mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi, mendengar dan bekerjasama hal ini menunjukkan semakin berkembangnya kemampuan sosial peserta didik; 2) bagi guru dan peneliti yang tertarik dengan strategi pembelajaran PMII Tipe RRT perlu lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran. Penelitian ini diharapkan mampu memotivasi pendidik pula dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengembangkan kemampuan pendidik dalam menguasai berbagai strategi pembelajaran inovatif di antaranya PMII Tipe RRT dan juga tetap mempertimbangkan kesiapan peserta didik, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar; 3).bagi sekolah merupakan landasan berpijak untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan tetap melaksanakan Lesson Study Berbasis Sekolah dan memberikan kesempatan bagi guru untuk mengikuti berbagai pelatihan tentang strategi pembelajaran inovatif sehingga mampu meningkatkan mutu sekolah.
Abstract:

Nowadays, our education is still dominated by the paradigm that knowledge is a set of fact which have to be memorized by students. It means the student still memorize to comprehend the lesson. The potency of students can be used to improve the learning strategy that involve the student actively. Various academic abilities of the student either in lower or upper academic ability will support the learning strategy which will be applied in learning procces. If the student in active, it means they dominate the learning activity and they optimalize their thinking ability. The strategy of peer mediated instruction and intervention type of reverse role rutoring can facilitate the student to comprehend the material easily, at last, it can improve critical thinking ability and cognitive learning result.

This research aim at finding out ( 1) the influence of applying of PMII learning strategy of reverse role tutoring type toward the critical thinking ability of the of the first year student of SMP Negeri 1 Sukorejo, (2) the influence of applying of PMII learning strategy toward the result of biology learning of first year students of SMP Negeri I Sukorejo, (3) the influence of academik ability toward critical thinking ability of first year students of SMP Negeri I Sukorejo,pengaruh ability of akademik to ability thinks educative participant stall of class VII SMP Negeri I Sukorejo, (4) the influence of academik ability toward the biology learning result of the first year students of SMP Negeri I Sukorejo, (5) the influence of applying learning strategy of PMII reverse role tutoring type and academik ability toward the critical thinking ability of year students of SMP Negeri I Sukorejo, (6) the influence of applying learning strategy of PMII reverse role tutoring type and academik ability toward to result of biology learning of first year studens of SMP Negeri I Sukorejo.

The research design is Quasi experimental design to find out the causative relation that involves a control group beside the experiment group. Quasi experimental design used in this research is pretess-posttest Nonequivalent Control Group. Samples research taken from two class consist of 40 student in each class. This research used a test and questioner as instrument in collecting data.

The result of research show that: ( 1) there is an influence of PMII learning strategy in reverse role tutoring tipe toward the critical thinking ability. Further test result shows that PMII learning strategy in reverse role tutoring type have a higher score about 12,89 than the traditional strategy, (2) there is an influence of PMII learning strategy in reverse role tutoring tipe toward the critical thinking ability. Further test show that PMII learning have a higher a score about 12,22 than traditional startegy, (3) there is not influence significant influence of the academik ability toward the cognitive ability, (4) there is an influence of the academik ability toward the cognitive learning result. Further test result shows that upper academic ability has higher score about 10,46 than the lower academic ability, (5) there is not significant influence of interact of PMII learning strategy and academic toward critical thinking ability, (6) there is not significant influence of interact of PMII learning strategy and academic toward the cognitive learning result, (7) the response of the student toward the PMII learning strategy in reverse role tutoring type included in good category.

Based on the research finding, we can take many suggestion: 1) for the student, the application of PMII learning strategy in RRT type can improve the crical thinking ability and cognitive learning result, help to improve the positive response in learning procces, and the most important this strategy can improve the communicative ability, lestening and working together, it shows improvement of social ability of the student; 2) for the teacher and researcher who are interested in this strategy need to improve the critical thinking ability of the student by using various learning strategy. This research, hopefully can motivate the teacher to improve the quality of learning and also improving their ability in mastering various innovative learning strategy such as PMII in RRT type by considering the readiness of the students and teachers, the available of learning rescree; 3). for the school, it can be a fundamental act to improve the quality of education by doing school based education and giving an opportunity for the teacher to follow various training about innovative learning strategy in order to support the improvement of school quality.