DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Strategi ARIAS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Tesis)

Suyanik Suyanik

Abstrak


Peningkatan kualitas pendidikan melalui pembelajaran tidak terlepas dari upaya memberdayakan potensi siswa sebagai peserta didik dan sebagai bagian dari masyarakat belajar. Proses pembelajaran di sekolah saat ini sedapat mungkin dilaksanakan dan dikembangkan berdasarkan strategi pembelajaran yang meng-aktifkan siswa. Sejalan dengan upaya tersebut perlu penerapan strategi yang efektif dan mengaktifkan siswa, sehingga siswa dapat menemukan hubungan antara informasi-informasi yang mereka pelajari.

PBMP merupakan suatu strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh Corebima dari Universitas Negeri Malang. Strategi ini dikombinasikan dengan model pembelajaran TPS yang dikembangkan oleh Lyman di University of Maryland tahun 1985, sedangkan ARIAS merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi dan meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh penerapan PBMP dengan model pembelajaran TPS dan strategi ARIAS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, 2) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, 3) mengetahui pengaruh interaksi antara penerapan PBMP dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang.

 Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitiannya pretes-postes Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan secara purpose sampling dan dihasilkan dua kelas dengan 41 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis kovarian (anakova) dengan melakukan kontrol terhadap nilai pretes masing-masing variabel terikat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang, 2) penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang, 3) kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang, 4) kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang, 5) interaksi antara penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang, 6) interaksi antara penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang.

Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian ini penerapan strategi baru dalam pembelajaran hendaknya memotivasi siswa dalam merencanakan, mengontrol, dan mengevaluasi hasil belajarnya (melakukan metakognisi) sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada materi Protista dan Jamur, sehingga disarankan dapat diterapkan pada materi yang lainnya. Strategi ARIAS juga layak diintegrasikan pada semua strategi pembelajaran. Indikator hasil belajar kognitif yang mengalami peningkatan cukup tinggi yaitu ranah kognitif C1, C2, dan C3, oleh karena itu dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Lab UM disarankan untuk lebih menekankan pada peningkatan ranah kognitif C4, C5, dan C6.

Dengan temuan ini hendaknya sekolah memfasilitasi dan mendukung guru-gurunya dengan menerapkan Lesson Study berbasis sekolah sehingga proses pembelajaran semakin meningkat mutunya. Pemerintah daerah melalui dinas pendidikan hendaknya memfasilitasi proses deseminasi dan sosialisasi temuan penelitian ini ke sekolah-sekolah lainnya. Untuk menghindari kejenuhan siswa selama implementasi PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS perlu dipertimbangkan jumlah pertanyaan dalam lembar PBMP, lamanya penelitian, dan integrasi PAIKEM dalam pembelajarannya. Pada penelitian ini hasil belajar yang diukur dan dinalisis masih terbatas pada hasil belajar ranah kognitif dan kemampuan berpikir kritis, oleh karena itu disarankan pada kesempatan lain agar diukur pula ranah afektif dan psikomotorik. Penlitian tentang penerapan Pola PBMP dengan model pembelajaran TPS dan strategi ARIAS disarankan agar menggunakan penelitian yang menggabungkan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bagi mahasiswa calon guru, perangkat pembelajaran dan penerapan strategi pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk menemukan ide baru dan strategi baru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Abstract:

The improvement of education quality through learning cannot be separated from empowering students' potential as educative participants and as part of learning society. Learning process in the existing school is hopefully executed and developed based on learning strategy that can activate students. In line with the effort, applying effective strategy that can activate students is need, so that student can obtain the relation between previous information which they had studied and the new information.

TEQ strategy is a strategy developed by Corebima from Malang State University. This strategy is combined with Think Pair Share (TPS) Learning Model which is developed by Lyman at University of Maryland 1985, while ARIAS is a learning strategy which can motivate students to achieve and increase the result of learning.

This objectives of the present research are: 1) to find out the effect of TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy toward the critical thinking competence and the cognitive learning achievement, 2) to find out the effect of academic competence toward the critical thinking competence and the cognitive learning achievement, 3) to find out the effect of interaction between TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy with academic competence toward the critical thinking competence and cognitive learning achievement of the tenth grade students of Laboratory Senior High School of Malang State University.

This design of the present research is quasi experiment with pretest and posttest nonequivalent control group design. The sampling is determined with the purpose sampling technique that yields two classes with 41 students for the experimental group and 40 students for the control group. The statistical analysis applied is covariance analysis (anacova) by controlling the pretest value of each dependent variable.

The result of the present research indicates that: 1) applying TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy has significant effect toward the students' critical thinking competence, 2) applying TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy has significant effect toward the students' cognitive learning achievement, 3) the academic competence has significant effect toward the students' critical thinking competence, 4) the academic competence does not have significant effect toward the students' cognitive learning achievement, 5) there is no significant effect of applying the interaction between TEQ with cooperative learning model of TPS and ARIAS with academic competence toward the students' critical thinking competence, 6) there is no significant effect of applying the interaction between TEQ with cooperative learning model of TPS and ARIAS with academic competence toward the students' cognitive learning achievement of the tenth grade of Laboratory Senior High School of Malang State University.

Considering the discussion and the conclusion of this research, applying a new learning strategy should motivate students to activate their metacognition so that they can improve their critical thinking competence and cognitive learning achievement. Applying TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy has significant effect toward the students' critical thinking competence and cognitive learning achievement particularly on Protist and Fungi, so it is advisable to apply it at other topics. The ARIAS strategy is also good to be integrated with all learning strategies. The indicators of the significant improvement on the cognitive achievement are on C1, C2, and C3, therefore in the learning process at the tenth grade of Laboratory Senior High School of UM it is suggested to emphasize more on the improvement of cognitive domain of C4, C5, and C6

With this result school should facilitate and support their teachers by applying school base Lesson Study so as to improve the quality of the learning process. Local government through the education service should also facilitate the process of dissemination and socialization of the research findings to other schools. To avoid students' saturation during the implementation of TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy, it is important to consider the number of questions in TEQ sheet, the duration of the research, and the integration of PAIKEM in its learning process. The present research is limited to measure and analyze the critical thinking competence and cognitive learning achievement; therefore it is recommended in the future to measure the affective and psychomotoric competence. It is recommended that the study for the application of TEQ with TPS learning model and ARIAS strategy uses the combination of qualitative and quantitative research. For students who want to be teachers, teaching syllabus and the implementation of learning strategy developed in this research can be used as a device to discover a new idea and strategy in improving the quality of learning.